SMK Al Kheoriyah Kota Tasikmalaya Pilih Ketua OSIS Baru, Wujud Demokrasi di Lingkungan Sekolah

smk al khoeriyah
para pelajar mencoblos surat suara pemilihan ketua Osis baru di sekolah mereka. (Fitriah Widayanti/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – SMK Al Kheoriyah Kota Tasikmalaya melaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2024/2025 yang berlangsung di salah satu ruangan, Senin 21 Oktober 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pihak, tak hanya siswa, tapi juga guru dan tenaga kependidikan di SMK Al Khoeriyah.

Novia Nuryani SPd, pembina OSIS SMK Al Khoeriyah menjelaskan bahwa pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sejalan dengan elemen Suara Demokrasi yang ada dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah tersebut.

Baca Juga:Cuking, Eks Ketua NPCI Jabar Asal Ciamis Ditahan Kejati Akibat Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Rp 122 MiliarMAKLUMAT EYANG!!

Menurutnya, implementasi P5 Suara Demokrasi kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana pemilihan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan Google Form yang dianggap lebih praktis dan simple.

“Sekarang meskipun terkesan lebih rumit, tapi inilah kita mengenalkan proses demokrasi yang seharusnya ada,” terang Novia kepada Radar, Selasa 22 Oktober 2024.

Kegiatan ini tak hanya sekadar pemilihan suara, tetapi juga mengajarkan siswa tentang peran kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) beserta tugas dan wewenangnya.

Kemudian mereka juga diedukasi tentang bagaimana cara menyalurkan hak suara mereka sesuai dengan tata cara sistem demokrasi.

Dalam kesempatan tersebut, Novia mengajak semua pihak untuk turut berpartisipasi dalam pemilihan ketua dan wakil ketua osis.

Dia menekankan bahwa setiap suara sangat berarti bagi masa depan SMK Al Khoeriyah.

Novia menyebutkan bahwa terdapat dua pasangan calon ketua dan wakil ketua osis yang telah mengikuti proses seleksi yang ketat hingga terpilih menjadi kandidat.

Baca Juga:TPP Pegawai Pemkab Ciamis Sering Telat, Tokoh Pemuda Usul Pemerintah Lakukan Penyesuaian AnggaranIvan Dicksan Sebut Petiga Idaman Pendukung Paling Solid dan Mengakar di Pilkada 2024!

Mereka tak hanya dinilai dari segi akademisnya saja, namun juga karakter dan kinerja yang mereka tunjukkan dalam menjalankan organisasi tersebut.

Selain itu, kandidat yang dianggap mampu mengayomi dan bertanggungjawab akan tugas dan wewenangnya juga menjadi poin penilaian panitia pemilihan ketua dan wakil ketua osis SMK Al Khoeriyah.

Dalam proses pemilihan tersebut, pasangan Kayka Choirunnisa dan Ade Latif Subagja terpilih sebagai ketua dan wakil ketua osis SMK Al Khoeriyah masa bakti 2024/2025.

Novia berharap pasangan terpilih bisa membawa kemajuan bagi sekolah dan mampu menjaga kekompakan dalam menjalankan tugasnya. (Fitriah Widayanti)

0 Komentar