RADARTASIK.ID – Industri animasi Asia Tenggara menunjukkan solidaritas besar melalui dukungan terhadap film animasi terbaru Indonesia, Jumbo.
Film garapan sutradara Ryan Adriandhy ini tidak hanya menuai sukses di dalam negeri, tetapi juga mendapatkan dukungan dari kreator animasi asal Malaysia seperti BoBoiBoy.
Animasi-animasi populer Malaysia terlihat kompak mendukung Jumbo.
Sosok BoBoiBoy, salah satu karakter animasi paling ikonik dari Malaysia, bahkan ikut mempromosikan film ini secara cuma-cuma di media sosial.
Baca Juga:Kehadiran Team Challenge Siap Memanaskan Kompetisi MasterChef Indonesia 2025 Pekan IniKembali Tayang, Ini Jadwal Indonesian Idol 2025 Babak Spektakuler Show 10
Melalui akun resminya, BoBoiBoy membagikan cuitan penuh semangat ketika Jumbo berhasil menembus angka 1 juta penonton di awal April 2025.
Dukungan serupa juga datang dari Papa Pipi, serial animasi yang juga digarap oleh Monsta Studios, dengan gaya khas mereka yang penuh humor.
“Ada iras Kebenaran? Maka Papa Zola dukung Jumbo jadi anak murid baru!” tulis akun resmi mereka.
Hal ini semakin mempertegas bahwa kampanye AnimaSEA, sebuah gerakan untuk mendukung karya animasi di kawasan Asia Tenggara semakin menguat.
Sutradara Ryan Adriandhy pun turut mengapresiasi dukungan ini.
Ia membalas dengan ucapan hangat, “MONSTAA!! Malaysia! Terima kasih banyak! Salam animasi Asia Tenggara! Salam animaSEA!”
Sinopsis Film Jumbo
Jumbo mengisahkan Don, seorang anak laki-laki yang ingin mewujudkan pertunjukan dari buku dongeng peninggalan kedua orang tuanya.
Namun, perjuangannya tidak mudah. Ia harus menghadapi ejekan dan penghinaan dari teman-temannya, termasuk Atta yang bahkan mencuri buku dongeng Don.
Baca Juga:Rekap Film Indonesia yang Kuasai Box Office Tahun 2025Di Balik Layar Jumbo: Cerita Seru Proses Rekaman Suara 4 Tahun lalu
Beruntung, Don tidak sendiri. Ia selalu ditemani oleh Oma, serta dua sahabatnya, Nurman dan Mae.
Dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan Meri, seorang anak perempuan dari dunia lain yang tengah mencari orang tuanya.
Cerita ini tidak hanya menyentuh, tetapi juga menyampaikan pesan tentang persahabatan, keberanian, dan pentingnya percaya pada mimpi.
Setelah 11 hari tayang, tepatnya hingga Kamis, 10 April 2025, Jumbo telah ditonton lebih dari 2 juta penonton di Indonesia.
Angka ini menunjukkan antusiasme tinggi masyarakat terhadap film animasi lokal yang berkualitas.
Kini, film ini juga tengah bersiap untuk tayang di berbagai negara lainnya, membuka jalan bagi animasi Indonesia untuk dikenal lebih luas di kancah internasional.