Sinergi Menjaga Kelestarian Alam

Sinergi Menjaga Kelestarian Alam
Ebi Muhamad Rafsanjani
0 Komentar

GARUT, RADSIK – Hutan menjadi salah satu nyawa bagi kehidupan manusia, apabila hutan dijaga dengan baik maka akan baik pula keadaan lingkungan sekitarnya seperti terpenuhinya oksigen, hewan-hewan yang tetap berdiam diri di hutan dan tidak mengganggu masyarakat karena tempat tinggalnya masih terjaga dan terawat.

Kelestarian hutan sudah menjadi kewajiban semua elemen dari mulai pemerintah, masyarakat, para pegiat/pencinta alam untuk bahu membahu melestarikan hutan, termasuk hutan di Garut.

Pegiat alam yang juga sebagai anggota Wahana Mahasiswa Pecinta Alam (Wapalam) Universitas Garut Ebi Muhamad Rafsanjani mengatakan, kondisi alam di Garut saat ini cukup mengkhawatirkan dengan beberapa kondisi seperti penebangan liar dan penggerukan pasir. ”Hutan di Garut mengalami kondisi yang sangat mengkhawatirkan diakibatkan beberapa kondisi contohnya penebangan liar, pengerukan pasir, dibukanya tempat wisata,” kata Ebi kepada Radar, Minggu (16/10/2022).

Baca Juga:Berperan Penting dalam Pembentukan KarakterDongkrak Produktivitas Pangan dari Keluarga

Padahal, kata Ebi, hutan tersebut merupakan ekosistem yang harus dijaga agar kebutuhan oksigen, cadangan air masih bisa terpenuhi. “Padahal hutan tersebut berfungsi menjaga cadangan air, ekosistem, dan kesuburan tanah,” tambahnya.

Ebi mengatakan, sebagai anggota pecinta alam pihaknya terus melakukan beberapa aksi untuk melestarikan hutan.

“Sebagai pecinta alam kami selalu melakukan beberapa aksi untuk melestarikan alam, contohnya dengan melakukan penanaman di beberapa hutan di Garut, melakukan pemulihan ekosistem flora dan fauna di Garut,” tuturnya.

Lanjutnya, ia pun sering melakukan sosialisasi tetang kepedulian terhadap lingkungan. ”Kita juga suka melakukan beberapa sosialisasi tentang kepedulian terhadap lingkungan, serta selalu menyuarakan berbagai aksi dalam penolakan penebangan liar yang berakibat fatal terhadap keberlangsungan hidup,” kata ebi.

Lebih lanjut, kata ebi, peran mahasiswa atau anak muda sangat dibutuhkan untuk menjaga kelestarian hutan terutama dalam sisi mengedukasi.

“Peran Mahasiswa sangat penting dalam menjaga kelestarian, terutama dalam sisi edukasi terhadap masyarakat sekitar untuk menjaga alam, karena mahasiswa seringkali disebut sebagai orang yang serba bisa,” ucapnya.

Ebi berharap semua elemen bisa saling bahu membahu untuk menjaga kelestarian alam khususnya alam di Garut,” pungkasnya. (mg1)

0 Komentar