TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Salzha Aulia Putri menjadi wakil dari Kota Tasikmalaya dalam ajang pemilihan Beauty Muslimah Indonesia 2025. Sebelum bisa melangkah ke tingkat nasional, ia terlebih dahulu bersaing dengan 200 peserta di Jawa Barat. Kini ia tengah berusaha mengumpulkan voting sebanyak mungkin, dan menanti dukungan secara materi untuk bisa terus ikut di ajang bergengsi itu.
“Setidaknya agar bisa meraih juara 1 di tingkat Jawa Barat, Salzha ingin minta dukungan dari warga Tasikmalaya dalam bentuk voting. Karena sebenarnya votingnya agak memberatkan, kalau bisa menjangkau banyak orang. Harga votingnya Rp 2500. Besar harapan Salzha bisa dapat dukungan,” kata Salzha kepada Radar, Rabu 13 November 2024.
Salzha menjelaskan bahwa Beauty Muslimah itu adalah beauty pageant atau kontes kecantikan, setara dengan ajang Puteri Indonesia, ataupun Miss Indonesia, hanya saja untuk para Muslimah. Ia bertekad meraih gelar itu untuk membanggakan Tasikmalaya. Namun sayang, hingga saat ini ia masih mencari dukungan yang disebutnya nihil dari pemerintah.
Baca Juga:Herdiat-Yana Targetkan Pertumbuhan Ekonomi di Atas 7 Persen dan Bakal Wujudkan ASN Bebas KorupsiWujudkan Masyarakat Peduli KB, Dosen UBK Gelar Pengabdian kepada Masyarakat
Pasalnya, sebagai peserta ia setidaknya harus mengantongi uang Rp 4.000.000 untuk berangkat ke Yogyakarta, tempat ajang Beauty Muslimah digelar pada Februari 2025 nanti.
“Untuk memenuhi segala bentuk administrasi yang ditanggungkan kepada peserta. Jika Salzha lolos jadi finalis nanti ke nasional, itu kan diselenggarakan di Yogyakarta. Nanti seperti biasa transport, penginapan, baju, itu bayar sendiri dari pesertanya,” terangnya.
Tidak ragu, untuk memenuhi keperluan itu Salzha bahkan mencari dukungan ke pihak swasta hingga Pemerintah Kota Tasikmalaya. Bantuan yang harusnya menemani proses Duta Kampus Unsil 2022 itu, kini terasa sukar didapatkan.
“Mau nyoba proposalan ke calon walikota. Lagi coba buat masuk ke Pemerintah Kota Tasikmalaya,” ungkapnya.
Kendati demikian, Salzha yakin dengan kemampuannya bisa mengahrumkan nama Tasikmalaya di kontes kecantikan tersebut. Dengan tiga indikator penilaian yakni, brand, beauty, and beahvior, ia sudah mengantongi nilai yang cukup tinggi diantara pesaingnya.
“Yang pertama itu seleksi online dulu. Di regional Jawa Barat itu, ada 200 orang yang ikut seleksi dan yang menjadi finalisnya itu ada 17 orang. Kemarin sudah selesai audisi tertutup, dari 17 finalis itu nanti ditentukan 3 orang yang akan pergi ke nasional. Tiga orang itu adalah juara 1, runner up, dan runner up 2. Sekarang Shalza sudah ada di posisi tiga besar itu,” paparnya.