TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Wawan Gunawan, membeberkan data soal riwayat layanan pada program Layanan Antar Keluarga Sampai ke Rumah (Layar Kusumah).
Pelayanan itu menggunakan mobil ambulans yang kini jadi satu-satunya armada andalan lantran mobil Kijang Innova yang biasa digunakan disebut mengalami kerusakan dan teronggok di parkiran kompleks perkantoran.
Wagun memaparkan bahwa sejak bulan Januari 2024, layanan program Layar Kusumah terus berjalan.
Baca Juga:Dear…Pj Wali Kota Tasikmalaya, Kemana Program Layar Kusumah? Publik Masih Butuh!Lembaga Survei Berperan Edukasi, Bukan Menggiring Industri Politik di Kota Tasikmalaya!
Ia pun mengirimkan rekap catatan data pengantaran pasien atau warga yang sakit hingga ke luar kota.
“Mobil Inova Layar Kesumah kan sudah dua pekan lebih off alias perlu perbaikan. Itu tiap hari pakai ambulans,” kata Wagun kepada Radar, Jumat 27 September 2024.
Berdasarkan data yang diterima Radar, mobil layar Kusumah yang digantikan itu tercatat melayani beberapa tugas pengantaran.
Ia lantas menunjukkan bahwa program besutan Kadinsos sebelumnya itu, masih dipertahankan dan diberikan kepada masyarakat.
Di antaranya sejak 3 Januari 2024 hingga 11 September 2024, Layar Kusumah sudah mengantar 243 warga. Mereka diantaranya adalah masyarakat kurang mampun, lansia, disabilitas, hingga stunting.
Begitupun dengan layanan menuju ke luar kota, Dinsos mencatat pelayanan diberikan kepada 80 warga Kota Tasikmalaya.
Rata-rata kesemuanya menggunakan Layar Kusumah untuk diantar menuju rumah sakit rujukan yang berada di luar kota.
Baca Juga:Pengungkapan TPPU Narkoba Rp 2,1 Triliun: Bandar Kendalikan Jaringan dari Balik Jeruji, Polri Sita Aset MewahJurnalis Radar Tasikmalaya Beri Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar pada Kegiatan Pers Mahasiswa Unsil
“Makanya jadwal jadi makin ketat ke warga yang membutuhkan,” ucapnya.
Dengan data itu, kata Wagun membuktikan bahwa Layar Kusumah tidak dilenyapkan olehnya. Ia menyebutnya justru semakin massif.
“Layar Kusumah jalan makin gaspol,” akunya.
Wagun menyampaikan, jika warga membutuhkan bisa mengakses ke laman resmi “Bageur Dinsos” yang di dalamnya terdapat layanan Tasik Bageur, Layar Kusumah, dan Bakul Tasik.
“Di www.Bageur.id. Hal itu untuk memastikan kesiapan fasilitas yang tersedia,” sambungnya.
Diberitakan sebelumnya, program milik Dinas Sosial yakni Layar Kusumah tidak lagi beroperasi.
Namun, Wagun membantah, hanya saja kondisi mobil operasional yang sudah tidak layak pakai. Perbaikannya pun belum lekas rampung, lantaran terbatas kemampuan anggaran. (Ayu Sabrina)