Mengedukasi Warga tentang Penerapan PPKM

TIM GABUNGAN. Personel gabungan Polsek Cipaku, Koramil Cipaku, pegawai Desa Sukawening dan Desa Muktisari serta petugas kesehatan melaksanakan operasi yustisi, Kamis (21/1/2021). Mereka mengedukasi masyarakat tentang prokes.

CIAMIS – Penerapan pem­ber­laku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali khususnya di Kabupaten Ciamis mulai diterapkan.

Aparat keamanan penegak disiplin dikerahkan untuk mengedukasi penerapan PPKM dan menindak warga yang tidak m­ematuhi protokol kesehatan dan kebijakan Bupati tentang PPKM.

Edukasi dan penegakan disiplin dilaksanakan setiap hari oleh petugas gabungan TNI-Polri dan pemerintah yang tergabung dalam Satgas Covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa personel gabungan dalam pelaksanaan operasi yustisi dalam rangka pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Desa Sukawening dan Desa Muktisari Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Kamis (21/1/2021).

Operasi yustisi ini dilaksanakan oleh 10 personel gabungan yang terdiri dari 5 anggota Polsek Cipaku, satu anggota Koramil Cipaku, 2 pegawai Desa Sukawening dan 2 Desa Muktisari serta petugas kesehatan.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana SIK MSi, mengatakan, operasi yustisi ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan pemahaman kepada warga bahwa saat ini tengah diberlakukan pem­batasan kegiatan masyarakat.

Di mana pembatasan ini dimaksudkan agar mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona tang saat ini masih pandemi.

”Dalam penerapan PPKM, beragam kegiatan warga masyarakat dibatasi, mulai dari pembatasan waktu kegiatan ekonomi, sekolah, jam kerja, hingga tempat wisata. Itu semua agar penerapan kebijakan ini dapat meminimalisir penyebaran Covid-19,” kata Kapolres.

Kapolres Ciamis AKBP Hen­dria Lesmana, S.I.K., M.Si., me­nam­bahkan, pelaksanaan operasi yustisi dan peninjauan langsung pusat keramaian warga Kabupaten Ciamis akan terus dilakukan setiap hari secara intensif oleh personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah, sehingga diharapkan dengan penerapan ini ada dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Ciamis dalam hal penanggulangan penyebaran bahaya virus corona.

”Saya berpesan kepada personel yang bertugas untuk bisa me­nyam­paikan edukasi pence­gahan Covid-19 dari diri pribadi utamanya kita para penegak kedisiplinan. Berikan contoh yang baik dalam penanggulangan bahaya virus corona,” kata Kapolres.

Selain itu, Kapolres mengajak seluruh warga masyarakat untuk ikut serta melakukan pencegahan penyebaran covid-19 dengan cara menerapkan 5M.

Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan.

”Sebab memutus rantai penye­baran Covid-19 tidak bisa sendiri oleh aparat keamanan tetapi peran serta seluruh warga masyarakat dan bisa dimulai dari diri masing-masing,” ujarnya. (isr)

Be the first to comment on "Mengedukasi Warga tentang Penerapan PPKM"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: