Unsil Kembangkan Teknologi Kepegawaian

USAI WAWANCARA. Kepala Biro Umum dan Keuangan Unsil Drs Nana Sujana MSi menjelaskan Lapak Situs Unsil, Kamis (17/12/2020).

Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya terus mengembangkan teknologi sebagai efisiensi pelayanan kepegawaian.

Satu diantaranya yaitu Layanan Pengelolaan Administrasi Kepegawaian Sistem Informasi Terintegrasi Universitas Siliwangi (Lapak Situs) 2020.

Kepala Biro Umum dan Keuangan Drs Nana Sujana MSi mengatakan terobosan rancangan atau prototipe proyek perubahan di Bagian Biro Umum dan Keuangan (BUK) telah menghadirkan Lapak Situs.

Manfaat sistem ini digunakan untuk menginformasikan manajemen kepegawaian berbasis web yang diintegrasikan atau dihubungkan dengan sistem informasi lainnya.

Tentunya untuk mendukung pengelolaan data kepegawaian di lingkungan Universitas Siliwangi.

PELAYANAN. Mahasiswa saat berada di Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu Unsil Kamis (17/12/2020).

“Lapak Situs ini produk tahun 2020. Saat ini masih prototipe, untuk mulai operasional Juni 2021.

Itu bagian terobosan dan inovasi pengelolaan kepegawaian yang sudah berbasis teknologi komunikasi dan informasi,” kata dia kepada Radar, Kamis (17/12).

Fungsi Lapak Situs tentunya untuk mempermudah melihat profil pegawai atau aspek kebutuhan kepegawaiannya yang terintegrasi ke aplikasi Sister, Simak dan Sitendik.

“Dasarnya buat pengelolaan data kepegawaian. Selanjutnya bisa diperuntukkan sebagai penunjang karier dosen atau tenaga kependidikan dan pegawai,” ujarnya.

TEROBOSAN. Karyawan UPT TIK Unsil memperlihatkan Lapak Situs sebagai terobosan rancangan atau prototipe proyek perubahan di bagian Biro Umum dan Keuangan (BUK) serta kepegawaian, Kamis (17/12/2020).

Manfaatnya selanjutnya, Lapak Situs untuk modernisasi pelayanan pegawai dengan Lapak Situs. Sehingga dapat mempermudah, cepat, tepat dan tidak banyak kertas.

“Diharapkan dengan penggunaan aplikasi ini bisa mempermudah memproses naik pangkat dan menabung data kepegawaian,” katanya.

Dengan Lapak Situs juga, bisa meringankan tenaga kepegawaian yang ada di Badan Umum dan Keuangan karena mengurus di atas 500 pegawai di Unsil.

“Dengan ini kita bisa efisiensi waktu untuk dosen ataupun tenaga kependidikan bisa melengkapi datanya di mana pun dan kapan pun,” ujarnya.


Kepala UPT TIK Unsil Adi Khairul menyampaikan Lapak Situs ini adalah aplikasi untuk internal Unsil.

Isinya, beranda, rekrutmen, operasional, evaluasi, penggajian, validasi data, data referensi, biodata kepegawaian, laporan, dan sinkronisasi data.

“Tujuannya sebagai manajemen kepegawaian seiring perkembangan zaman dibuat layanan kepegawaian melalui aplikasi online.

Sehingga bisa merubah tata administrasi manual yang biasanya dilakukan tatap muka,” katanya.

Maka Lapak Situs ini, mampu merekam kebutuhan kepegawaian. Mulai dari penentuan kebutuhan kepegawaian Unsil, pengangkatan, pengelolaan data kenaikan pangkat, dan lainnya. (riz)

Be the first to comment on "Unsil Kembangkan Teknologi Kepegawaian"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: