Pemimpin yang Menginspirasi

BAHAGIA. Dr Hj Atit Tajmiati Am Keb Ners MPd bersama suami dan anak-anaknya serta cucunya.

Inspiring leader atau pemimpin yang menginspirasi. Itu sikap yang ditanamkam Dr Hj Atit Tajmiati Am Keb Ners MPd saat menahkodai organisasi-organisasi kesehatan.

Dia mengawali mengkoordinir organisasi kesehatan pada 1989. Hj Atit menjadi Ketua 1 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Tasikmalaya. Dia merangkul dan menggerakkan organisasi. Caranya dengan kerja sama dan memberikan contoh sifat-sifat yang membangun.

“Menjadi pemimpin itu harus memiliki tanggung jawab yang tinggi dan harus tampil yang benar untuk memberi contoh,” kata istri dari Dedi Rubandi itu.

Hj Atit juga terus menunjukkan semangat kepada tim organisasinya. Apalagi dia aktif membimbing generasi muda agar terus meningkatkan kualitas dan kompetensi bidang kesehatan.

“Saya itu harus mampu dan tidak takut kalah. Di sisi lain sedang menyiapkan dan mendukung generasi muda berkarya karena akan melanjutkan estafet roda organisasi ini,” ujarnya yang kini menjadi Ketua IBI Cabang Kota Tasikmalaya itu.

Dia mendorong semuanya bergerak. Itu agar dalam organisasi dinamis. Lebih hidup. Maka Hj Atit mendorong di masa pandemi Covid-19 agar bisa anggotanya melindungi masyarakat.

Hj Atit membimbing generasi muda di organisasinya untuk aktif. Buktinya mereka mampu membuat program virtual.

Anak-anak muda itu bisa menggerakan literasi kesehatan digital. Salah satunya kegiatan tentang kesehatan di masa pandemi atau Hari Kesehatan Nasional (HKN).

“Seperti peringatan HKN, di Ikatan Bidan Indonesia PC Kota Tasikmalaya saya menunjuk mereka (pengurus IBI, Red) untuk mengisi materi-materi kesehatan adalah generasi muda. Dengan begitu mereka terlatih mengikuti organisasi,” katanya menjelaskan.

Dia pun meminta bidan sekarang mulai kreatif dan inovatif dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Seperti memberikan fasilitas ruang praktik dengan suasana rumah.

“Jangan sampai menjadi miniatur rumah sakit. Karena pada dasarnya ibu itu ingin melahirkan di rumahnya sendiri,” ujarnya yang juga Ketua Puspaga Bahagia Kota Tasikmalaya itu.

Tugas Hj Atit menggerakkan organisasi yang berhubungan dengan kesehatan keluarga tidak mudah ditaklukkan dan menjadi bahan pembicaraan oleh khalayak ramai.

Tapi tetap dia menghadapi dengan santai dan terbuka sehingga menjadi sesuatu yang positif untuk perubahan yang baik ke depannya.

“Saya terus menjalankan organisasi ini agar dapat melangkah maju dan tahu bagaimana bersikap. Serta mengapresiasi tim saat mempunyai ide-ide baru,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "Pemimpin yang Menginspirasi"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: