Masuk Prolegda Pegiat Seni Dapat Tenaga

PENUTUPAN. Pegiat seni budaya mengikuti kegiatan hari kedua Apresiasi Seni / Gelar Budaya (coaching clinic) di Hotel Grand Metro Selasa (28/7).

CIHIDEUNG – Merespons aspirasi pegiat seni dan budaya, DPRD Kota Tasikmalaya mengusung realisasi Peraturan Daerah (Perda) Pemajuan Kebudayaan.

Sebagai payung hukum dalam mengakselerasi pelestarian budaya daerah dan mendongkrak eksistensi pegiat seni.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Muslim MSi mengatakan aturan itu sudah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2020.

Pihaknya menjanjikan aturan itu segera disusun dan dibahas, sehingga bisa memayungi kaitan seni budaya dengan jelas di Kota Resik.

“Sudah masuk di Propemperda, kita harap bisa segera dibahas supaya menggeliatkan seni budaya lebih masif.

Terutama menyasar kalangan milenial generasi hari ini yang nyaris lupa budaya sendiri,” ujarnya kepada Radar, Selasa (28/7).

Menurutnya, daerah yang lebih maju justru sangat konsen dengan budaya dan kearifan lokal.

Hal itu terlihat ketika beberapa kota yang dia kunjungi, kekhasan daerah kerap terlihat di hotel, tempat publik dan tempat transit yang kerap di hampiri pendatang luar daerah.

“Nah itu kan bentuk promosi juga, kalau perlu diatur dalam Perda ini ya bagus. Selain pegiat seni budaya daerah lebih diberdayakan juga, mempromosikan daerah semakin dikenal atas kekhasannya,” kata politisi PDIP tersebut.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) Bode Riswandi mengaku bersyukur adanya respons dari pemerintah atas hal tersebut.

Beberapa bulan lalu dinas teknis sudah mengajukan Perda itu, setelah sebelumnya pegiat seni mengusulkan hal serupa ke DPRD. “Informasinya sudah masuk program pembentukan perda, kita apresiasi karena sudah direspons,” kata dia.

Termasuk, lanjut dia, pihaknya berharap usulan lain yakni panggung arena terbuka yang direncanakan dibangun di belakang Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT).

Diharapkan berita bahagianya bisa menyusul. “Semoga ada realisasi juga akan usulan panggung arena terbuka di belakang Gedung Kesenian,” ucapnya. (igi)

Be the first to comment on "Masuk Prolegda Pegiat Seni Dapat Tenaga"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: