Soal Open Bidding Sekda, BKPSDM: Materi Seleksi Ranah Privat Panitia dan Peserta

kursi sekda kota tasikmalaya
gambar ilustrasi: AI/Radartasik.id
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Penilaian tidak transparannya proses seleksi administrasi pada proses open bidding jabatan sekretaris daerah (sekda) Kota Tasikmalaya dijawab oleh Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Kepala BKPSDM, Gungun Pahlagunara, menjelaskan jika materi seleksi merupakan privasi antara panitia dan pelamar. Sehingga tidak bisa diungkap ke publik.

Berdasarkan ketentuan, pansel memiliki kewenangan penuh dalam menjaring para kandidat calon sekda. Hal itu sesuai kewenangan dan peraturan terkait mekanisme seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama.

Baca Juga:Cuking, Eks Ketua NPCI Jabar Asal Ciamis Ditahan Kejati Akibat Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Rp 122 MiliarMAKLUMAT EYANG!!

“Alasannya pansel dan yang bersangkutan yang berhak mengetahuinya, karena itu masuk materi seleksi administrasi,” katanya kepada Radar, Senin 21 Oktober 2024.

Menurut dia setiap peserta yang dinyatakan lulus mendapat pemberitahuan dari panitia. Termasuk juga pelamar yang tidak lulus, berikut alasan dan kekurangan akan dokumen yang dipersyaratkan.

“Dan yang tak lolos juga dikasih tahu. Memang ini tidak bisa dibuka, yang mengetahui antara pansel, peserta dan kepala daerah,” paparnya menjelaskan.

Terlepas dari permasalahan transparansi proses penjaringan calon sekda tersebut, saat ini lima kandidat yang lolos tengah mengikuti tahapan assesment selama dua hari di Bandung.

Mereka adalah Kepala Kesbangpol Ade Hendar, Kepala BPKAD Asep Goparullah, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Ely Suminar, Kepala Satpol PP Iwan Kurniawan dan Staf Ahli Bidang Pemhukpol Maman R Rohman Setiadi.

Sementara pelamar dari luar Kota Tasikmalaya yakni Dr H Kurniawan, yang menjabat Kepala Biro Perencanaan, Keuangan, dan Umum di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.

“Sekarang kelimanya datang. Besok sampai sore-malam, karena Rabu sudah harus masuk semua, diizinkan lewat surat tugas ikut seleksi hanya 2 hari,” lanjut Gungun.

Baca Juga:TPP Pegawai Pemkab Ciamis Sering Telat, Tokoh Pemuda Usul Pemerintah Lakukan Penyesuaian AnggaranIvan Dicksan Sebut Petiga Idaman Pendukung Paling Solid dan Mengakar di Pilkada 2024!

Nantinya, setelah seleksi assesment tersebut, para calon bakal mengikuti seleksi penyusunan makalah atau uji gagasan pada Kamis 24 Oktober 2024 di laboratorium BKPSDM.

Ketua Pansel Sekda, H Asep Sukmana menambahkan, setelah tahapan wawancara nantinya bakal menghasilkan peserta 3 besar.

“Dari lima akan disaring menjadi tiga orang untuk ikut ke seleksi selanjutnya,” kata Asep.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Tasikmalaya menggelar seleksi calon sekda di tengah suasana Pilkada.

0 Komentar