Bidang SD Ajukan Rp 400 Juta untuk Penuhi Kelengkapan ANBK di Empat Sekolah, Termasuk Chromebook

chromebook
ilustrasi gambar: Bing Image Creator
0 Komentar

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Seluruh sekolah saat ini harus mempersiapkan berbagai kelengkapan sarana prasarana untuk menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), yang rencananya bakal dilaksanakan pada Oktober 2024.

ANBK adalah upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Proses ANBK sendiri memerlukan berbagai perlengkapan sarana prasarana memadai, terkhusus komputer dan perangkat elektronik pendukung lainnya. Seperti proyektor, router internet dan lain-lain.

Baca Juga:Mobil Plat Merah Ciamis Kedapatan Isi Pertalite, Netizen Langsung BereaksiMajelis Masyayikh dan Pimpinan Ponpes se-Kota Tasikmalaya Deklarasikan Dukungan pada KH Aminudin untuk Pilkada

Khusus pada jenjang sekolah dasar (SD), di Kabupaten Ciamis belum semua SD memiliki peralatan memadai untuk mengikuti ujian ini. Berdasarkan data, dari 741 SD di Ciamis, masih ada 91 sekolah yang belum memiliki perlengkapan memadai. Khususnya Chromebook.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis, Sigit Ginanjar, membenarkan bahwa saat ini belum semua SD memiliki perangkat komputer untuk kegiatan ANBK. Oleh karena, pihaknya terus mengajukan ke pemerintah.

“Saat ini kita sudah mengajukan empat sekolah lagi dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 400 juta. Masing-masing sekolah mendapatkan 17 unit Chromebook, proyektor, router, dan kabel,”katanya kepada Radar, Senin 19 Agustus 2024.

Kriteria SD yang mengajukan Chromebook dari pemerintah ini harus memiliki laboratorium teknologi informasi dan siswa minimal memiliki 60 siswa.

“Kebetulan 13 sekolah sudah memiliki laboratorium TI dan yang belum ada empat. Sehingga yang dikasih Chromebook empat sekolah,”ujarnya.

Padahal SD yang belum punya chromebook pun sudah mengajukan, akan tetapi persyaratan yang harus memiliki laboratorium dan 60 siswa belum terpenuhi.

Hal ini karena anggarannya terbatas. Sehingga yang mendapat bantuan perlengkapan ANBK hanya sekolah yang siap sarana dan prasarananya saja.

Baca Juga:Bau Tidak Sedap dari Alokasi Rp 913 Juta untuk Seragam Linmas di Kota TasikmalayaPAN Warning Semua Kandidat di Pilkada Kota dan Kabupaten Tasikmalaya Siapkan Mental!

“Silahkan SD belum yang memiliki chromebook bisa gabung dengan SD yang memilikinya untuk mengikuti ANBK,” katanya. (Fatkhur Rizqi)

0 Komentar