Kalau Sudah Jadi Haji, Harus Punya Kontribusi di Kota Tasikmalaya

pelantikan IPHI, haji kota tasikmalaya,
Sekretaris Daerah Dr H Ivan Dicksan menghadiri pelantikan pengurus IPHI tingkat Kecamatan se-Kota Tasikmalaya di Gedung Dakwah, Jumat (10/5/2024)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Orang yang sudah melaksanakan ibadah haji seyogianya bisa memperbaiki sikap dan perilaku di masyarakat. Pasalnya keteladanan orang yang menyandang gelar haji akan menjadi kontribusi memperbaiki berbagai persoalan di masyarakat.

Masyarakat muslim yang sudah melaksanakan ibadah haji diwadahi dalam organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Tujuannya supaya para penyandang gelar haji bisa tetap terbina menjadi haji yang mabrur.

IPHI Kota Tasikmalaya melantik kepengurusan 10 Kecamatan se-Kota Tasikmalaya di Gedung Dakwah Kota tasikmalaya, Jumat (10/5/2024). Acara tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Dr H Ivan Dicksan.

Baca Juga:Sebelum Pilkada, Bakal Ada Kontestasi Pemilihan Ketua Karang Taruna di Kota TasikmalayaViman, Agus Wahyudin dan Enjang Bilawini Makan Siang Bareng, Ngobrolin Pilkada Kota Tasikmalaya

Ketua IPHI Kota Tasikmalay H Nurul Awalin mengatakan bahwa organisasi tersebut belum lama dihidupkan kembali setelah lama vakum. Maka dari itu keberadaannya pun belum optimal dalam membina para haji-haji baru. “Kita kan tugas pokoknya kan menjaga haji agar mabrur,” terangnya.

Sehingga para haji mampu menunjukan sikap dan prilaku yang menjadi teladan di masyarakat. Telebih mengajak masyarakat supaya terhindar dari hal-hal yang perilaku-perilaku negatif.Ke depannya, pihaknya akan menjalin kembali kemitraan IPHI dengan Pemkot Tasikmalaya. Karena pada dasarnya, upaya-upaya yang dilakukan IPHI bisa membantu pemerintah.

“Bicara masyarakat kan berarti bicara tentang kewajiban Pemda juga,” katanya.

Ketika IPHI mendapat dukungan dari pemerintah, tentunya pihaknya bisa lebih mengoptimalkan pembinaan kepada para haji di Kota Tasikmalaya. Sehingga figur-figur teladan di masyarakat bisa semakin kuat. “Yang penting bantu kita melakukan pembinaan saja,” terangnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa progam organisasi selalu membutuhkan biaya operasional. Sedangkan dirinya tidak ingin menerapkan iuran untuk anggota atau pun pengurus. “Tapi kalau nanti ide anggota yang punya ide misal membuat koperasi atau usaha lain, ya kita akan menggarapa bersama,” ucapnya.

Sejurus dengan itu H Ivan Dicksan mengatakan para jamaah yang pulang melaksanakan ibadah haji diharapkan bisa memberikan konribusi di masyarakat. Minimal bisa menjadi teladan yang baik sehingga bisa mempengaruhi laingkungan ke arah yang positif. “Haji itu harus memberikan keteladanan bagi masyarakat, karena haji itu pasti punya nilai lebih di pandangan masyarakat,” terangnya.

0 Komentar