Tampil Beda Usai Revitalisasi, Kebersihan Situ Gede Dikritik Pengunjung

kebersihan situ gede dikritik pengunjung
kebersihan situ gede dikritik pengunjung. Firgiawan
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Pasca Revitalisasi, Objek wisata Situ Gede menunjukan pesonanya. Tempat ikonik Kota Tasikmalaya ini menjadi serbuan wisatawan saat libur Lebaran.

Pantauan Radar, sejak H+1 sampai kemarin, jumlah wisatawan yang datang ke Situ Gede terus meningkat.

Pengunjung yang datang pun bukan hanya warga Tasikmalaya. Beberapa adalah pemudik dari luar kota.

Baca Juga:Pelaku Perusakan Mobil di Ciamis Terancam Penjara 5 TahunGempa 7.0 SR Guncang Kepulauan Mentawai Selasa Pagi

Hermawan Adi (35) mengaku sengaja datang ke lokasi situ untuk menikmati pemandangan dan suasana yang tak jauh dari tempatnya mudik.

“Sedang ngumpul keluarga di Tasik. Kebetulan saya pemudik dari ibu kota dan penasaran juga gimana sekarang situ setelah direvitalisasi Kang Emil (gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Red),” katanya kepada Radar Tasikmalaya, Selasa (25/4/2023).

Salah satu hal yang menarik, kata dia, adalah harga tiket masuk yang relatif murah. Yakni Rp 5 ribu per orang. Selain itu jajanan yang ada di lokasi juga relatif murah.

Ia juga bisa menikmati berkeliling area sekitar 47 hektare tersebut dengan menaiki perahu. “Sayangnya kebersihan saja di sini kurang ya,” keluhnya.

Pengunjung lainnya, Dadan Septian (30) menuturkan hal serupa. Wisatawan asal Cikoneng Ciamis ini mengaku pangling setelah beberapa tahun terakhir tak mengunjungi Situ Gede.

“Penataannya sudah bagus dibanding sebelumnya. Lebih nyaman dan terasa ada revitalisasi atau perhatian pemerintah,” tuturnya.

“Kekurangannya tinggal kebersihan, mungkin karena ramai dan kesadaran wisatawan juga masih kurang,” sambungnya.

Baca Juga:Waspada! Penipuan Mengatasnamakan PJ Wali Kota Minta Uang ke Pengurus DKMKepala Desa Kertaharja Mundur! Ternyata Sudah 3 Kali Selingkuh Loh

Memang berdasarkan pantauan Radar, di lokasi tampak sampah berserakan di sejumlah spot. Namun, ketika pengunjung mulai berkurang, petugas yang ada di lapangan membersihkan sampah-sampah tersebut.

Kunjungan Wisata Naik 50 Persen

Pengelola objek wisata Situ Gede, Dudi Iskandar, mengatakan bahwa kunjungan wisatawan selama libur lebaran naik lebih dari 50 persen.

Sejak hari Minggu, 23 April atau H+1 Lebaran, diperkirakan sudah ada lebih dari 1.000 orang datang ke Situ Gede. “Paling ramai memang sekarang. Dibandingkan hari biasa, peningkatannya bisa mencapai 50 persen,” kata dia.

0 Komentar