TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 4 September menjadi momentum yang sangat penting bagi BPJS Ketenagakerjaan Tasikmalaya.
Kegiatan tahunan ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga refleksi untuk meningkatkan kualitas layanan bagi para peserta.
Dengan mengusung tema ”Andai Tahu Duluan,” BPJS Ketenagakerjaan Tasikmalaya menegaskan komitmennya untuk memberikan perlindungan optimal bagi pekerja Indonesia.
Baca Juga:Inisiatif BPJS Ketenagakerjaan dan IZI: 1.000 Mustahik Dapat Perlindungan Jaminan Sosial, Jamin Pekerja RentanNew Honda ADV160: Skutik Gagah dan Canggih yang Menjadi Kebanggaan SUV
Dalam acara peringatan HPN 2025, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tasikmalaya, Dewi Manik Imannury, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan, Renren Reynati, menyapa langsung peserta yang sedang menunggu pelayanan.
Kegiatan ini mengedepankan interaksi langsung dengan masyarakat, memberikan kesempatan bagi BPJS untuk mendengarkan keluhan, masukan, dan memberikan penjelasan tentang layanan yang disediakan.
Selain itu, para peserta yang datang mendapatkan bingkisan menarik melalui permainan yang disediakan oleh karyawan BPJS Ketenagakerjaan.
Peserta juga disuguhi makanan ringan dan air mineral, agar mereka tetap nyaman menunggu giliran tanpa merasa bosan.
Tema HPN 2025, ”Andai Tahu Duluan,” bukan hanya sekadar slogan, tetapi juga merupakan sebuah kampanye edukasi penting yang berfokus pada manfaat program BPJS Ketenagakerjaan untuk masyarakat pekerja.
Dewi Manik Imannury menjelaskan, melalui tema ini, BPJS Ketenagakerjaan ingin memastikan bahwa masyarakat mengetahui lebih dini tentang program dan manfaat yang ditawarkan.
Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini secara maksimal, meningkatkan kesadaran untuk mendaftar, dan merasakan perlindungan yang lebih baik.
Baca Juga:Kemenangan DAM di KLHN 2025: Bukti Honda Tak Sekadar Janji dalam LayananBPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan Rp 70 Juta untuk Ahli Waris Affan Kurniawan, Korban Tragedi Unjuk Rasa
”Hari Pelanggan itu momentum tahunan sebenarnya buat kita untuk merefleksi kualitas pelayanan yang pertama. Kemudian memastikan komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta,” ujar Dewi dalam siaran pers yang diterima Radartasik.id, Rabu, 10 September 2025.
Salah satu inovasi yang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan adalah simplifikasi proses klaim.
Kini, peserta tidak perlu lagi datang langsung ke kantor BPJS untuk mengurus klaim.
Proses klaim bisa dilakukan secara daring, memberikan kemudahan bagi peserta yang terkendala waktu atau jarak.
BPJS Ketenagakerjaan juga berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat, baik di Tasikmalaya maupun seluruh Indonesia, mengenai lima program utama yang mereka tawarkan, serta manfaat layanan tambahan seperti fasilitas perumahan dan bantuan aplikasi.