Jelang Pilkada, Satlinmas Margajaya Diperkuat untuk Hadapi Tantangan Keamanan Desa di Kabupaten Tasikmalaya

Margajaya
Puluhan Satlinmas di Desa Margajaya, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas, bertempat di Aula Desa Margajaya, Jumat, 18 Oktober 2024. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Dalam menghadapi tantangan Pemilihan Kepela Daerah (Pilkada) Serentak 2024, peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Tasikmalaya semakin vital.

Untuk memastikan kesiapan mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat desa, puluhan anggota Linmas dari Desa Margajaya, Kecamatan Mangunreja, mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Desa Margajaya pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Nizam SIP MSi, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum di Kecamatan Mangunreja, menegaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Linmas.

Baca Juga:Dana Desa Aman? Ini Langkah Pengawasan Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya untuk Jamin AkuntabilitasMenghangat! Erry Purwanto dan Jejen Bersaing untuk Berebut Kursi Ketua Umum KONI Kabupaten Tasikmalaya

Dalam tugas mereka, anggota Linmas diharapkan mampu menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat, terutama pada momen penting seperti penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum.

Nizam menekankan bahwa Linmas memiliki peran strategis dalam mendukung tugas kepala desa, terutama dalam meredam potensi gejolak sosial yang muncul di masyarakat.

Mereka bertanggung jawab untuk membantu menjaga ketenteraman umum, menanggulangi dan mencegah bencana, serta berkontribusi dalam kegiatan sosial dan pembinaan masyarakat.

Mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketenteraman, serta Perlindungan Masyarakat, Nizam menjelaskan bahwa peran Linmas tidak hanya terbatas pada keamanan saat pemilihan umum.

Mereka juga memiliki tanggung jawab dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari penanganan kebakaran hingga kegiatan sosial lainnya.

Tantangan yang dihadapi oleh Linmas dalam memperkuat kapasitas mereka menjadi fokus penting dalam pelatihan ini.

Menurut Nizam, penguatan kapasitas ini bukan hanya soal meningkatkan keamanan masyarakat, tetapi juga membangun rasa kemandirian dan tanggung jawab di kalangan warga desa.

Baca Juga:Siap Hadapi ANBK! Begini Cara SD Negeri Sirnajaya Tasikmalaya Atasi Tantangan TeknologiKampung Naga Tasikmalaya: Keteguhan Melestarikan Tradisi di Era Digital

Lingkungan yang aman dan tenteram adalah harapan semua masyarakat, dan Linmas memainkan peran krusial dalam mewujudkannya.

Nizam menambahkan bahwa keberhasilan Linmas dalam menjalankan tugasnya sangat bergantung pada koordinasi yang baik antara Linmas, aparat keamanan, dan masyarakat.

”Semua harus bekerja sama secara harmonis agar menghasilkan kolaborasi yang baik. Masing-masing memiliki peran spesifik yang saling melengkapi,” ungkapnya kepada Radartasik.id, Jumat, 18 Oktober 2024.

Sebagai garda terdepan di tingkat desa, Nizam menekankan pentingnya peran Linmas sebagai mata dan telinga masyarakat.

0 Komentar