SMKN 1 Tasikmalaya Juara Umum Kejuaraan Silat Perisai Diri

Perisai diri
Atlet perisai diri SMKN 1 Tasikmalaya berfoto bersama usai sukses menyabet gelar juara umum apda ajang bergengsi di GOR Sukapura pada hari Minggu 13 Oktober 2024. (Fitriah Widayanti/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Tim silat perisai diri SMKN 1 Tasikmalaya berhasil menyabet gelar juara umum dalam kejuaraan Silat Perisai Diri Walikota Cup 2024 yang dilaksanakan di GOR Sukapura Dadaha pada 10 – 13 Oktober 2024.

Prestasi gemilang ini dicapai setelah tim silat perisai diri SMKN 1 Tasikmalaya sukses meraih 11 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Dalam kejuaraan yang rutin digelar setiap tahun tersebut mereka mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000 dan piala bergilir yang sebelumnya dipegang oleh SMPN 2 Tasikmalaya.

Baca Juga:TPP Pegawai Pemkab Ciamis Sering Telat, Tokoh Pemuda Usul Pemerintah Lakukan Penyesuaian AnggaranIvan Dicksan Sebut Petiga Idaman Pendukung Paling Solid dan Mengakar di Pilkada 2024!

Staff Wakil Kepala Bidang Bina Prestasi SMKN 1 Tasikmalaya, Yayan Nuryana SPd, mengaku bangga dengan potensi para peserta didiknya terutama di cabang olahraga pencak silat yang kerap meraih juara dalam berbagai kejuaraan.

“Walaupun sekolah kami adalah bisnis dan manajemen, tapi talenta-talenta di bidang olahraga banyak sekali dan bahkan ada yang tembus ke tingkat nasional,” ujar Yayan kepada Radar, Senin 14 Oktober 2024.

Dia menambahkan bahwa sekolah akan memfasilitasi para siswa berprestasi dari SMKN 1 Tasikmalaya baik dalam bidang akademik, olahraga, maupun seni.

Tak hanya itu, sekolah juga kerap memberikan reward kepada setiap siswa yang berhasil menjuarai suatu ajang sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk siswa lainnya agar lebih terpacu dalam meningkatkan prestasi mereka.

Reward tersebut biasanya diberikan setiap hari Senin saat pelaksanaan upacara bendera yang digelar di lapangan sekolah.

Yayan mengungkapkan, salah satu kunci kesuksesan SMKN 1 Tasikmalaya dalam kejuaraan Silat Perisai Diri adalah dengan mendatangkan pelatih yang benar-benar kompeten di bidangnya dari luar sekolah untuk melatih ekstrakulikuler pencak silat.

Selain itu, sekolah juga mengintensifkan latihan dan pembinaan bagi para siswa yang berpotensi di bidangnya masing-masing.

Baca Juga:Kuota Guru PPPK di Ciamis Hanya 40 OrangMAN 1 Tasikmalaya Borong Piala di Kemah Bakti Sebatalyon Kabupaten Tasikmalaya

Menurutnya, hal tersebut penting untuk dilakukan agar mereka lebih siap lagi saat berkompetisi dalam berbagai ajang yang digelar oleh Dinas Pendidikan seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) atau pun Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang biasa dilaksanakan oleh masing-masing jurusan.

Ade mengungkapkan, silat di SMKN 1 Tasikmalaya merupakan salah satu cabang olahraga yang paling sering mempersembahkan gelar juara.

0 Komentar