Tiba di Tanah Air, Satu Jemaah Haji Asal Ciamis Meninggal Dunia dalam Pesawat

jemaah haji asal ciamis meninggal dunia
Jenazah jemaah haji asal Ciamis tiba di rumah duka pad Selas, 9 Juli 2024. (ist)
0 Komentar

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Satu jemaah haji asal Kecamatan Jatinegara Kabupaten Ciamis meninggal dunia dalam perjalanan pulang ke tanah air pada, Selasa 9 Juli 2024.

Jemaah tersebut menghebuskan napas terakhir ketika pesawat membawa rombongan haji kloter 34 asal Kabupaten Ciamis menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Agus Abdulloh mengatakan sebanyak 432 jemaah haji dan 8 petugas pendamping kloter 34 JKS telah tiba di tanah air hari kemarin.

Baca Juga:Kuncian Bupati dalam Pilkada Tasikmalaya 2024!Yusuf, Hendro dan Kiai Aminudin Jalan Bareng Bahas Jodoh Politik di Pilkada Kota Tasikmalaya 2024!

Akan tetapi ada satu jemaah pulang dalam kondisi meninggal dunia. Ia adalah Hj Iloh (77), asal Kecamatan Jatinegara.

“Kloter 34 jemaah haji sampai di islamic center pagi tadi, sekitar pukul 07.00. Semuanya pulang ke Ciamis akan tetapi ada satu jemaah meninggal dunia di pesawat saat menuju ke tanah air Indonesia,” katanya, kemarin.

Ia menduga Hj Iloh mengalami serangan jantung saat dalam perjalanan dari Jedah menuju Jakarta. Ia meninggal di dalam pesawat.

Tim medis haji sempat melakukan penanganan di dalam pesawat dan saat mendarat akan tetapi tidak tertolong.

“Kemungkinan terkena serangan jantung, sudah mendapatkan perawatan medis dan setelah landing dinyatakan meninggal dunia,” ujarnya.

Informasi adanya jemaah haji yang meninggal dalam pesawat itu pun membuat tim penyambut di Bandara Soekarno Hatta langsung bersiap.

Selain menyediakan bus untuk para jemaah, mobil ambulans juga turut datang menyambut.

Baca Juga:Kekuatan "Dekengan Pusat" Viman Alfarizi Belum Menyentuh Zona NyamanBacalon Perseorangan di Kota Banjar Masuk Tahap Verifikasi Faktual

“Jenazah Hj Iloh dari embarkasi dibawa ambulans PPIH ciamis ke rumah duka. Sampai ke rumah duka dini hari tadi (kemarin, red) ke Desa Jatinegara,” katanya.

Ia menjelaskan meski Hj Iloh meninggal dalam perjalanan pulang, ia tetap mendapatkan asuransi hajinya. “Tetap mendapatkan asuransi haji,”ujarnya.

Setelah kloter 34 pulang, tersisa calon jemaah haji kloter 53 dengan jumlah 294 orang. Mereka dijadwalkan tiba di Islamic Center Ciamis pada Rabu 17 Juli 2024, pukul 12.25.

“Akan tetapi salah satu kloter 53 ini ada yang masih dirawat di Makkah. Kita pun sedang menunggu perkembangan kesehatannya, kalau sebelum 17 Juli sudah sehat bisa pulang,” katanya. (Fatkhur Rizqi)

0 Komentar