Pekerja Migran Harus Legal 

Pekerja Migran Harus Legal 
KEGIATAN. Ketua Umum Garda Buruh Migran Indonesia Imam Subali (kedua dari kanan) hadir dalam sosialisasi peluang kerja di luar negeri dan pelindungan menyeluruh kepada PMI VVIP di Aula Pesantren Miftahul Ulum Bangunsirna Kecamatan Baregbeg, Jumat (14/10/2022). Foto: Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya 
0 Komentar

Tentunya, sambung dia, ketika masyarakat Kabupaten Ciamis menjadi PMI yang legal dan prosedur nantinya dapat terlindungi.

Sub Koordinator Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program BP3MI Wilayah Bandung Tugiyarto mengingatkan, kepada masyarakat Kabupaten Ciamis yang ingin bekerja di luar negeri harus sesuai prosedural. Caranya pun mudah silahkan mendaftarkan di Dinasker Kabupaten Ciamis sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

“Jadi PMI legal tidak susah. Maka jangan pernah tergiur oleh para calo-calo sebagai agen penyalur bekerja di luar negeri,” katanya.

Baca Juga:Jembatan Baru Segera DiperbaikiSinergitas Media Dibutuhkan

Mengingat, adanya kasus terjadi di Kabupaten Ciamis banyak yang menjadi PMI yang unprosedur/ilegal perlu dievaluasi. Untuk itu, pihaknya membuat program sosialisasi peluang kerja di luar negeri dan pelindungan menyeluruh kepada PMI VVIP. “Oleh karenanya, masih adanya masyarakat yang menjadi PMI ilegal atau unprosedur. Kita pun baru mengadakan sosialisasi peluang kerja di luar negeri dan pelindungan menyeluruh kepada PMI VVIP di aula Pesantren Miftahul Ulum Bangunsirna Kecamatan Baregbeg,” ujarnya.

Tujuannya agar santri atau masyarakat Kabupaten Ciamis perlu memehami prosedur penempatan PMI ke luar negeri. “Sehingga tidak mudah tawaran oleh calo untuk berkerja luar negeri dengan ilegal atau unprosedur,” katanya.

Selain itu, sejak pandemi Covid-19 menurun dan gencar vaksinasi, untuk penempatan PMI sudah dibuka beberapa negara. Kalau program dari BP2MI yakni government to government, yakni Korea Selatan, Jepang dan Jerman. “Sedangkan saat ini sudah dilakukan penempatan di Taiwan, Malaysia dan Hongkong,” ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Ciamis Ai Ratna Intan Solihah mengajak para siswa SMA/SMK/MA/sederajat untuk terus belajar dan melatih keterampilan. Upaya tersebut agar nantinya saat lulus bisa memiliki daya saing untuk mencapai kesuksesan. “Jangan lelah belajar dan melatih keterampilan. Nanti setelah lulus bisa memetik hasilnya, apakah mau melanjutkan ataupun bekerja,” katanya. (riz)

[/membersonly]

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!

 

 

Laman:

1 2
0 Komentar