Komunitas MAUNC Robotika Ciptakan Robot Pemadam Api Bernama Siri

Unsil Ciptakan Berbudaya Teknologi Digital

KOMPAK. Pengurus Himpunan Mahasiswa Informatika Unsil Tasikmalaya 2021sedang rapat koordinasi.

Komunitas MAUNC Robotika dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya terus membudayakan keilmuan dalam bidang teknologi digital cerdas dan menguasai Internet of things (IoT).

Hal ini untuk menunjang mahasiswa informatika agar memiliki potensi yang profesional yang berbasis digital.


Ketua Komunitas MAUNC Robotika Unsil Tasikmalaya 2020, Nendy Azhad Nurahman mengatakan memfasilitasi mahasiswa Jurusan Informatika untuk mahir dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), media pembelajaran kreatif, merancang program kecerdasan buatan dan lainnya.

“Karena Jurusan Informatika Unsil kalau semester 6 ada kompetensi keahlian. Salah satunya sistem intelegensi. Oleh karenanya kita konsentrasi memfasilitasi mahasiswa untuk belajar robotika dan kecerdasan buatan,” kata dia kepada Radar, Kamis (8/4/2021).

Komunitas MAUNC Robotika, kata Nendy, ingin mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan teknologi.


“Ketika masuk komunitas yang penting niatnya belajar, karena sistemnya learning by doing. Dengan begitu bisa bersama-sama dalam memanfaatkan teknologi terbaru dan relevan,” ujarnya.

Capaian prestasi pun sudah dipegang oleh komunitas, yaitu dengan menghasilkan karya teknologi dalam bentuk robotik pemadam kebakaran bernama Siri.

“Kita tiap tahun masuk Kontes Robot Indonesia. Terbaru tahun 2020 dalam cabang Kontes Robot Pemadam Api Indonesia tingkat Nasional posisi 30 besar,” kata dia.

INOVASI. Ketua Komunitas MAUNC Robotika Unsil Tasikmalaya 2020, Nendy Azhad Nurahman bersama robot Siri, Kamis (8/4/2021).

Senada, Sekretaris Himpunan Mahasiswa Informatika Unsil Tasikmalaya 2021 Fauzan Luthfillah, mewakili Ketua Himpunan Mahasiswa Informatika Unsil Tasikmalaya Alliqza Aminatu Haya, menjelaskan Himpunan Mahasiswa Informatika Unsil ingin membentuk mahasiswa informatika yang berbudi dan berkarakter kuat.

Oleh karenanya berusaha membuat wadah mahasiswa informatika mempunyai pengalaman nyata dalam pengembangan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Terbentuknya himpunan ini, ingin meningkatkan kualitas dan pengembangan perangkat lunak para mahasiswa informatika.


Programnya sekarang fokus webinar salah satunya tentang kecerdasan buatan yang bisa mengembangkan aplikasi di berbagai bidang,” ujarnya.

Wujud itu, kata dia, sebagai bentuk mendukung pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, dan memotivasi untuk menciptakan teknologi baru yang mempermudah kehidupan manusia.

“Program kita banyak mengkaji pemrograman dan komputasi. Tentunya dengan dibekali keterampilan untuk mahasiswa, mereka dapat merancang perangkat lunak yang dapat membantu masyarakat,” katanya. (riz)

Be the first to comment on "Unsil Ciptakan Berbudaya Teknologi Digital"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: