Saung di Kompleks Ponpes Daarul Falaah Dibakar

Pondok Pesantren Diteror

Pimpinan Ponpes Daarul Falaah KH Wawan Abdul Malik menunjukkan saung di kompleks pesantren yang dibakar orang tak dikenal, Sabtu (27/3/2021).

CIAMIS – Pondok Pesantren Daarul Falaah di Dusun Ciaren Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg diteror. Saung yang berada di kompleks pesantren pun dibakar orang tak dikenal, Sabtu (27/3/2021) sektiar pukul 02.00 dini hari.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Falaah, KH Wawan Abdul Malik mengatakan, dia dibangunkan sekitar pukul 02.00 bahwa saung terbakar. “Saya langsung bangun dan menuju lokasi, sampai di sana sudah dipadamkan oleh para santri, karena bagian pinggir saja yang terbakar. Sehingga api tidak membakar seluruh saung dan merembet ke bangunan lainnya,” ujarnya kepada Radar, Minggu (28/3/2021).

Kata dia, awalnya kebakaran itu kecelakaan karena santri bermain api atau hal lainnya. Namun, di sekeitar saung yang terbakar ditemukan anduk empat warna yang belum kebakar semuanya. “Kemudian saya cium anduk tersebut, ternyata ada bau bensin yang menyengat. Dari sana saya bisa menyimpulkan bahwa ini ada unsur kesengajaan,” katanya, menjelaskan.

Lanjut dia, kemungkinan besar yang berusaha membakar saung ini bukan santri, tapi dari orang luar. Namun, pihaknya belum bisa memastikan siapa, karena belum ada bukti yang mengarah kepada pelakunya. “Saya belum tahu siapa-siapanya,” ujarnya.

Setelah melihat saung selesai dan hendak masuk ke dalam rumah, KH Wawan melihat asap di mobilnya yang diparkir tidak jauh dari saung tersebut. “Saya kira asap itu dari sisa saung yang terbakar. Tapi setelah dilihat dari dekat dan di bawah mobil ada kapas kecil dan baunya seperti air keras,” katanya.

Atas kejadian ini, kata dia, pihaknya belum melaporkan ke polisi. “Kejadian ini belum lapor polisi, karena saya mau introspeksi secara pribadi dulu, karena takut tetangga atau saudara yang sakit hati,” ujarnya. (isr)

Be the first to comment on "Pondok Pesantren Diteror"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: