Tekankan Terus Protokol Kesehatan

foto: istimewa OPERASI YUSTISI. Personel gabungan Polres Ciamis melaksanakan Operasi Yustisi di kawasan Stasiun KA Ciamis untuk mencegah penyebaran virus corona, Minggu (21/3/2021).

CIAMIS – Polres Ciamis gencar melaksanakan Operasi Yustisi di berbagai daerah di wilayah hukumnya untuk mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan penye­baran Covid-19, Minggu (21/3/2021).

Di titik-titik keramaian pusat kota Ciamis, KBO Intelkam Polres Ciamis Iptu Rahmat Komara, SH, bersama Kanit Dikyasa Ipda Sony Santana memimpin Operasi Yustisi yang melibatkan belasan personel gabungan satuan fungsi dari Sat Sabhara, Binmas, Lantas, Intelkam, Reserse Kriminal, Reserse Narkoba, dan Propam.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, SIK, MSi, mengatakan, dalam operasi itu, petugas memberikan masker dan menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Warga diingatkan untuk selalu memakai masker secara baik dan benar sebagai cara efektif mencegah paparan virus corona

“Penyampaian imbauan protokol kesehatan ini kita lakukan secara masif setiap hari guna mengingatkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di tengah situasi pandemi Covid-19. Kegiatan ini kami laksanakan di kawasan Stasiun KA Ciamis, Toserba Yogya Ciamis dan jalur Jalan Jenderal Sudirman, Ir H Juanda serta Jalan Stasiun Ciamis,” kata AKBP Hendria.

AKBP Hendria mengatakan, pemberian masker dan penyampaian imbauan akan terus dilakukan secara berkelanjutan di wilayah hukum Polres Ciamis yang terdiri dari wilayah Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran. Dengan demikian diharapkan upaya tersebut dapat meminimalisasi penyebaran virus corona.

“Penggunaan masker secara baik dan benar salah satu bagian dari pada penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yakni 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” ujarnya.
Upaya Polsek Cigugur

Di hari yang sama, Polsek Cigugur juga melaksanakan Operasi Yustisi di wilayah Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Kegiatan tersebut melibatkan empat personel Polsek Cigugur dan satu anggota Koramil Cigugur.

“Operasi Yustisi kali ini sebanyak 10 warga yang melintas di wilayah Desa Cimindi Kecamatan Cigugur diberikan tindakan langsung berupa teguran lisan dan tertulis. Mereka diberikan teguran karena tidak membawa dan menggunakan masker secara benar,” kata AKBP Hendria.

AKBP Hendria menambahkan, selama Operasi Yustisi, petugas tetap memedomani protokol kesehatan. Penindakan kepada warga dilaksanakan dengan tidak membuat kerumunan dan setiap anggota menggunakan masker.

Pengawasan Objek Wisata
Sat Pol Air Polres Ciamis mengingatkan para wisatawan di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam Operasi Yustisi, Minggu.
Operasi itu dipimpin langsung oleh Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto. Aparat bersinergi dengan Balawista atau Life Guard Pangandaran.

Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kesadaran warga khususnya para wisatawan di Pantai Pangandaran agar selalu patuh dan taat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Kami harap masyarakat dan wisatawan di Pantai Pangandaran tetap selalu mematuhi protokol kesehatan. Sebab kedisiplinan kita bersama menjadi kunci bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar AKP Sugianto.

AKP Sugianto menuturkan, sebagai aparat keamanan pihaknya juga melaksanakan pengamanan area objek wisata. Pengamanan ini menjadi salah satu tugas pokok Polri dalam rangka mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas.

“Pengamanan kawasan pantai menjadi salah satu tugas pokok Polri khususnya kami Sat Pol Air dalam menjaga kondusivitas wilayah. Dengan demikian, warga dan para wisatawan objek wisata Pantai Pangandaran merasa aman dan nyaman saat menghabiskan waktu berlibur di akhir pekan,” tuturnya.

Langkah Polsek Panawangan
Pada Sabtu, Polsek Panawangan melakukan pengawasan di kawasan SPBU dan pertokoan Kecamatan Panawangan sebagai tindak lanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Operasi Yustisi itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Panawangan AKP Dede Sopandi, SH. Pasukan yang terlibat terdiri dari tujuh personel Polsek Panawangan dan enam anggota Koramil Panawangan.AKP Dede Sopandi menyatakan, Operasi Yustisi akan secara masif dilakukan dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan dan pengawasan penerapan PPKM berskala mikro. “Diharapkan dengan penerapan program PPKM ini menghasilkan perubahan yang lebih baik ke depannya bagi warga dari segi kedisiplinan memedomani protokol kesehatan,” kata AKP Dede.

Operasi Polsek Cijeungjing

Polsek Cijeungjing juga melaksanakan Operasi Yustisi dalam menerapkan PPKM berskala mikro di wilayah Desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing, Sabtu.

Kegiatan yang dipimpin Aiptu Asep H itu juga melibatkan pegawai Desa Bojongmengger. Personel gabungan menindak warga warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Kapolsek Cijeungjing AKP Roesdiana mengatakan, Operasi Yustisi akan dilakukan secara intens oleh seluruh jajaran Polres Ciamis salah satunya Polsek Cijeungjing.

“Kami Polsek Cijeungjing Polres Ciamis bersama TNI serta pemerintah akan terus melakukan penegakan disiplin kepada warga yang melanggar daripada penerapan PPKM berskala mikro,” ujar AKP Roesdiana. (isr/rls)

Be the first to comment on "Tekankan Terus Protokol Kesehatan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: