SMK YI Siapkan SDM Berkualitas

AKTIVITAS. Kepala SMK YI Tasikmalaya Drs Epul Saepul Rohman memberikan arahan saat pelaksanaan semarak YI pada Januari 2020.

TASIK – SMK Yayasan Islam (YI) Tasikmalaya terus berkomitmen membentuk siswa yang berkompeten, berkarakter, dan mempunyai keterampilan hidup.

Itu karena mendidik dengan mengutamakan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta iman dan takwa sehingga mencapai lulusan yang berakhlak, berprestasi, dan terampil.

Kepala SMK YI Tasikmalaya Drs Epul Saepul Rohman mengatakan fokus sekolahnya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Selain menguasai keterampilan keahlian atau kemampuan teknis, juga sampai pada konsep pengembangan usaha mandiri.

Caranya yaitu dengan terus memberikan penguatan pembelajaran produktif dengan mendatang guru tamu industri/ teaching factory dan mengikutkan siswa untuk lomba-lomba sesuai dengan kompetensi keahlian.

Drs Epul Saepul Rohman Kepala SMK YI Tasikmalaya

“Tujuannya untuk memfasilitasi siswa paham di industri dan dunia kerja serta meningkatkan kepercayaan untuk bersaing,” kata dia kepada Radar, Rabu (13/1/2021).

Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berdaya saing dan terampil, kata Epul, SMK YI unggul dalam kompetensi keahlian, antara lain; tata boga, tata usaha, bisnis daring dan pemasaran, lalu otomatisasi dan tata kelola perkantoran. Kemudian ada teknik komputer dan jaringan serta teknik dan bisnis sepeda motor.

“Semua itu dilahirkan dari pendidikan dan pelatihan vokasi yang bermutu dan relevan dengan tuntutan Iduka. Utamanya terus mengikuti berkembang di era global,” ujarnya.

Misal, kata dia, siswa yang mengambil kompetensi keahlian tata boga sudah dilatih untuk membuat roti, makanan ringan, dan lainnya. Untuk hasilnya mereka difasilitasi modal bergulir agar bisa berwirausaha mandiri.

“Kita memberikan modal pinjaman setiap kelompoknya untuk bisa mengelola. Semuanya itu agar siswa bisa mandiri berwirausaha,” kata dia.

RAPAT. Kepala SMK YI Tasikmalaya Drs Epul Saepul Rohman (tengah) melakukan rapat koordinasi penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2020/2021 di ruang kelas SMK YI Tasikmalaya, Rabu (13/1/2021).

Sedangkan untuk sinkronisasi Iduka selain sudah menyusun kurikulum berbasis industri. Juga pada prinsipnya sudah kerja sama saat melaksanakan siswa praktik kerja lapangan dengan Hotel Santika, Hotel Horison, Mall Yogya, Mall Mayasari Plaza, Libnet, PT Senko Cikarang, dan lainnya.

“Sehingga lulusan dijamin bekerja atau berwirausaha karena kita memfasilitasi dengan kerja sama bersama Iduka dengan mengoptimalkan bursa kerja khusus (BKK, Red),” ujarnya.

Wakasek Humas dan Ketua BKK SMK YI Tasikmalaya Ade Nina Hidayah SPd menjelaskan keterjaminan lulusannya terserap di Iduka bisa dipertanggungjawabkan karena untuk BKK sudah terdaftar di Disnaker Kota Tasikmalaya.

“Jadi segala informasi tentang lowongan atau peningkatan mutu SDM agar siap kerja. Kita pun biasanya mendapatkan peluang bisa bekerja di perusahaan yang sudah kerja sama, baik dengan pemerintah ataupun sekolah,” katanya.

Buktinya, seperti kompetensi keahlian tata boga yang sudah bekerja sama dengan hotel berbintang di Kota Tasikmalaya, jadi sebelum siswa lulus, biasanya sudah diminta sebagai karyawan.

Sedangkan untuk teknik dan bisnis sepeda motor, pihaknya bekerja sama dengan PT Senko Cikarang.

Di perusahaan itu, ada siswa SMK YI yang sedang melaksanakan pemagangan selama satu tahun.

“Kalau tata busana biasanya juga banyak yang masuk ke industri kreatif garmen di Kota Tasikmalaya dan juga banyak yang membuka butik,” ujarnya.

Dengan adanya BKK yang terus bergerak, sehingga bisa terus mencari informasi peluang kerja. Dengan begitu jangan khawatir lulusan dari sini bisa mendapatkan peluang kerja dan berwirausaha.

“Lulusan di sini biasanya yang masuk di dunia kerja 60 persen, berwirausaha 30 persen, dan sisanya melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata dia menjelaskan. (riz)

Be the first to comment on "SMK YI Siapkan SDM Berkualitas"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: