Pengungkapan Kasus Meningkat karena Berkat Proaktif Petugas

Narkoba Sudah Menyasar Remaja

KONFERENSI PERS. Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan (sebelah kiri) didampingi Kepala Satuan Narkoba Polresta Tasikmalaya AKP Ade Hermawan saat pers rilis akhir tahun di Polres Tasikmalaya Kota Kamis (31/12/2020).

TASIK – Polres Tasikmalaya Kota mencatat ada kenaikan pengungkapan kasus narkoba di Kota Tasikmalaya selama tahun 2020.

Peningkatan itu dilihat dari kasus yang ditangani pada tahun 2019 56 kasus, sedangkan pada 2020 sebanyak 71 kasus. Polres Tasikmalaya Kota juga berhasil mengamankan 248,35 gram narkotika jenis sabu.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, peningkatan kasus narkoba itu berkat kesigapan petugas kepolisian dalam mengungkap karena dalam kasus narkoba ini polisi tidak menunggu adanya laporan.

”Kasus narkoba ini bukan seperti tidak pidana lainnya yang menunggu laporan. Meningkatnya ini ada kegiatan prokatif yang dilakukan oleh Satnarkoba Polres Tasikmalaya Kota,” kata dia pada pers rilis akhir tahun di Polres Tasikmalaya Kota Kamis (31/12/2020).

Melihat cukup banyak kasus narkoba yang terungkap, kata Kapolresta kinerja kepolisian dan pengungkapan kasus narkoba ini terus meningkat, karena dalam pengungkapan kasus tersebut banyak langkah-langkah yang dilakukan, mulai dari penelitian dan penyelidikan kasus,” kata dia menjelaskan.

Doni menjelaskan, perlu diketahui oleh masyarakat bahwa selama ini yang menjadi sasaran penyalahgunaan narkoba ini mulai dari, dewasa dan remaja.

”Kami harap ini menjadi perhatian orang tua agar remaja tidak menjadi korban penyalahgunaan narkoba,” kata perwira menengan ini mengimbau.

Menurut dia, meski sampai saat ini kasus narkoba di Kota Tasikmalaya masuk di peringkat 20 di Jawa Barat tetapi kasus penyalahgunaan narkoba harus tetap ditingkatkan kewaspadaan. ”Tasikmalaya ini masih di bawah 20 tertinggi dari 23 Polres di Jawa Barat,” kata dia.

Doni menjelaskan, melihat banyaknya kasus yang terungkap selama tahun 2020 ini bahwa Kota Tasikmalaya tinggi apalagi kasus tersebut yang berhasil pihaknya ungkap.

”Karena kasus tersebut meningkat yang terungkapnya dibandingkan pada tahun 2019 lalu,” kata dia.

Kondisi kantibmas selama 2020, kata Kapolresta, Polres Tasikmalaya berhasil mengungkap 15 kasus pencurian dengan pemberatan, 30 kasus curanmor roda dua, 4 kasus curanmor roda empat, pencurian dengan kekerasan 2 kasus, penganiayaan 22 kasus, penipuan 105 kasus, penggelapan 14 kasus dan narkoba 71 kasus.

”Dari kasus itu ada yang meningkat dan turun, seperti kasus turun itu, curat, curanmor, penggelapan, sedangkan kasus meningkat ada aniaya, penipuan dan narkoba,” ujarnya.

Pada tahun 2021, Polres Tasikmalaya Kota akan terus meningkatkan kamtibmas untuk menekan terjadinya kasus tindakan pidana.

”Kami juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya. Khususnya kondisi saat ini di massa pandemi terus tingkatkan kewaspadaan, jangan abai dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata Doni mengimbau. (ujg)

Be the first to comment on "Narkoba Sudah Menyasar Remaja"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: