KCD Ajak Sekolah Lebih Mantap

BERSINERGI. Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd (tengah) dan Kepala Seksi Pelayanan Pendidikan KCD XII Dedi Suryadin SPd MPd (dua kanan) bersama 306 SMK,SMA, SLB saat workshop Manajemen dan Tata Kelola Sekolah Rabu (2/12/2020).

TASIK – Sebanyak 306 SMK, SMA, SLB di Lingkungan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya mengikuti workshop Manajemen dan Tata Kelola Sekolah dari 1-2 Desember di Hotel Grand Metro.

Tujuannya menuju sekolah manajemen transparan, akuntabel dan partisipatif (mantap).

Kepala Seksi Pelayanan Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dedi Suryadin SPd MPd mengatakan, workshop tersebut diikuti oleh ketua komite dan ketua Yayasan SMA, SMK dan SLB di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya bertujuan untuk manajemen dan tata kelola sekolah bisa lebih mantap.

MEMBANGGAKAN. Siswa SMAN 4 Tasikmalaya berprestasi antara lain; Novi Andini kelas XI MIPA 5 mewakili Jabar ketingkat nasional untuk olimpiade bahasa Jerman, Azkakia kelas X IPS 4 mendapatkan juara ketiga tingkat nasional cabang olahraga pencak silat dari pelaksaan Badan Pendidikan Kristen Penabur SMAK 1 Penabur Jakarta dan Nazmi Kelas X IPS 2 mendapatkan medali emas tingkat nasional dari cabang olahraga taekwondo Krakatau Poonse.

Maka bisa terus memperbaiki dan penuh tanggung jawab dalam pemanfaatan sumber dana untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang lebih maksimal.

“Dengan melaksanakan program workshop ini diharapkan menciptakan pengelolaan keuangan sekolah lebih mantap.

Dengan itu juga bisa membuat laporan dan kegunaannya sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Dedi kepada Radar, Rabu (2/12/2020).

Kata Dedi, pemberian arahan kebijakan ini agar adanya pengetahuan ketua yayasan dan komite tentang manajemen berbasis sekolah yang mampu berkolaborasi dengan partisipasi masyarakat.

Kemudian pertemuan ini sebagai solusi dalam pengelolaan keuangan lebih transparan yang membuat aman dan nyaman.

“Program tahunan ini dari hasil mo­ni­toring dan evaluasi serta pengawasan. Hasil-hasilnya disampaikan sebagai proses penyadaran kepada mereka supaya melakukan perbaikan dan bisa berintegritas,” ujarnya.

Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd menjelaskan, gunanya workshop Manajemen dan Tata Kelola Sekolah bukan untuk mengajari, tetapi untuk memberikan pengetahuan sesuatu.

Karena ia menyadari dalam dunia pendidikan penuh dinamika, maka perlunya secara berkelanjutan agar lembaga pendidikan lebih mantap.

“Dengan adanya ini kuncinya ada di pemilik yayasan yang bisa menyirami atau mengakomodir kebutuhan sarana dan prasarana siswa agar terus berkembang sampai bisa terserap di dunia kerja baik di dalam atau di luar negeri,” kata Abur.

“Karena dengan memfasilitasi bisa membawa pembelajaran kepada siswa yang lebih beragam sumber belajarnya,” ujarnya.

Selain itu, KCD pun terus mengampanyekan untuk SMA/SMA/ SLB baik negeri dan swasta harus bisa meng-update kebahasaan.

Oleh karena itu, pihak sudan melaksanakan sekitar 40 webinar dari nasional dan internasional.

“Kita terus men-support agar SMA sederajat bisa terserap pekerjaan luar. Maka salah satunya webinar kemarin Pendidikan Keprofesian dan Magang (Ausbildung) di Jerman,” kata Abur menjelaskan. (riz)

Be the first to comment on "KCD Ajak Sekolah Lebih Mantap"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: