Cuaca Buruk, Warga Diminta Waspada

RUSAK. Rumah warga Langkaplancar Kabupaten Pangandaran rusak akibat material longsor beberapa waktu lalu. Warga diimbau mewaspadai kemungkinan adanya cuaca ekstrem.

PANGANDARAN – Badan Penang­gulang­an Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada, pasalnya intensitas hujan semakin tinggi dalam minggu ini.

Manager Pusdalops BPBD Kabupaten Pangandaran Ranta mengatakan intensitas hujan di wilayah Pangandaran meningkat sejak Minggu malam (18/10/2020), hujan deras mengguyur hampir di semua wilayah.

”Bahkan sampai Senin siang (19/10/2020), hujan dengan intensitas tinggi masih berlangsung,” tuturnya kepada Radar saat dihubungi Senin (19/10/2020).

Namun sejauh ini, belum ada laporan terkait bencana alam akibat cuaca ekstrem itu. Akan tetapi kewaspadaan tetap dilakukan.

”Kami sudah berkoordinasi dengan relawan bencana, agar segera tanggap dan untuk melapor jika di daerah masing-masing terjadi bencana,” ungkapnya.

Pihaknya juga terus meng-update laporan cuaca dari BMKG sebagai antisipasi terjangan cuaca ekstrem.
“Cuaca buruk kemungkinan akan terjadi dalam satu pekan ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, dalam satu minggu ke belakang, bencana banjir, longsor dan rumah tertimpa pohon terjadi di Pangandaran. “Kerugian dicatat mencapai Rp 400 juta lebih dan nihil korban jiwa,” jelasnya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Pangandaran Gunarto mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan logistik jika terjadi bencana alam dalam satu pekan ini.“Logistik untuk kedaruratan tentunya,” kata dia. (den)

Be the first to comment on "Cuaca Buruk, Warga Diminta Waspada"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: