JAKARTA, RADARTASIK.ID – PT Sharp Electronics Indonesia sukses meraih kinerja luar biasa sepanjang tahun 2024, dengan penjualan tembus Rp 12 triliun, sebuah pencapaian yang menunjukkan optimisme serta kekuatan perusahaan di pasar elektronik Indonesia.
Pertumbuhan penjualan yang konsisten tercatat setiap bulannya, ditunjukan melalui hasil gemilang di akhir tahun 2024, di mana penjualan Sharp tumbuh sebanyak 104,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Keberhasilan ini tidak lepas dari kontribusi signifikan produk-produk unggulan Sharp, yang bisa memenuhi kebutuhan pasar elektronik dan konsumen Indonesia.
Baca Juga:PKBM Saraluna dan Unsil Tingkatkan Literasi Digital Anak Prasejahtera Almaz Fried Chicken Buka di Tasikmalaya, Ayam Goreng Saudi Nomor 1 di Indonesia
Andry Adi Utomo, Senior General Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, menjelaskan bahwa produk seperti lemari es, AC, dan mesin cuci memiliki peran penting dalam pertumbuhan Sharo. “Selain itu, kategori Small Home Appliances (SHA) juga menunjukkan perkembangan yang positif dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.
Dominasi Sharp di pasar Indonesia semakin kuat melalui pencapaian pangsa pasar yang impresif. Sharp memimpin pasar lemari es sebesar 32,3 persen, sementara mesin cuci dan AC masing-masing mencatatkan pangsa pasar 22,9 persen serta 24,3 persen. Angka-angka ini menunjukkan kepercayaan konsumen yang semakin meningkat akan produk-produk Sharp.
Menurut Andry, keberhasilan ini adalah hasil dari serangkaian strategi pemasaran yang efektif. Selain memfokuskan pada pasar ritel, pihaknya juga memperluas penetrasi ke sektor komersial, seperti hotel, kafe, dan restoran. “Kami juga meluncurkan produk AC dengan desain warna hitam yang cocok dengan kebutuhan pasar kafe yang sedang berkembang pesat,” ujarnya.
Berorientasi pada kepuasan pelanggan, Sharp Indonesia tidak hanya berfokus pada kualitas produk, melainkan juga dengan layanan purnajual yang luas serta terpercaya. Dengan lebih dari 600 titik layanan servis di seluruh Indonesia dan dukungan dari sekitar 10.000 dealer dan sub-dealer, Sharp memastikan setiap konsumen mendapatkan pelayanan cepat, profesional serta tanpa hambatan.
Kampanye promosi Sharp pun menjangkau berbagai platform dari above the line, below the line hingga kampanye digital yang mengoptimalkan media sosial serta platform pemasaran online. Melalui pendekatan ini, Sharp bisa membangun hubungan yang lebih dekat dan personal dengan para stakeholdernya.
Dengan fondasi yang kuat dan strategi yang tepat, Sharp berkomitmen untuk terus tumbuh dan menghadirkan inovasi terbaik untuk konsumen Indonesia. Sharp menargetkan pertumbuhan penjualan 105 persen di tahun 2025. “Kami yakin dengan strategi yang diterapkan, Sharp akan terus berkembang serta mempertahankan posisi terdepan di pasar Indonesia,” tutup Andry. (rls)