RADARTASIK.ID – Tampilan perdana KTM 390 Adventure X akhirnya diperkenalkan, dan ini menjadi varian yang lebih ekonomis dari model standarnya.
KTM 390 Adventure X masih tetap mempertahankan DNA adventure khas KTM, tetapi dengan beberapa perubahan yang membuatnya lebih terjangkau.
Lebih Murah Tapi Tetap Tangguh
Dilansir dari kanal Acko Drive, KTM 390 Adventure X hadir sebagai pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan model standarnya.
Baca Juga:Motor Sport Aprilia Tuono 457 Resmi Meluncur, Agresif dan Bertenaga! Harganya Dibanderol 78 JutaSangar dan Berotot! Begini Review Motor Pulsar RS200, Motor Sport Full Fairing Bajaj
Jika versi standar dibanderol sekitar 3,67 lakh rupee (Rp 75 juta), model Adventure X dijual dengan harga 2,91 lakh rupee (Rp 59,6 juta).
Perbedaan harga ini tentu menarik perhatian, tetapi apa saja yang membuatnya lebih murah dari versi standar?
Desain Mirip Tapi Ada Perbedaan
Secara visual, motor adventure KTM ini hampir identik dengan versi standarnya.
Desain depan yang tinggi dan bergaya rally tetap dipertahankan, tetapi ada perubahan penting pada bagian roda.
Alih-alih menggunakan velg jari-jari tubeless, Adventure X dibekali velg alloy berukuran lebih kecil, yaitu 19 inci di depan dan 17 inci di belakang.
Untungnya, ban yang digunakan tetap Apollo Trampler XR, yang dirancang untuk penggunaan di jalan raya dan jalur off-road ringan.
Dari sisi pengereman, Adventure X tidak mengalami perubahan. Namun, suspensinya mengalami sedikit penyesuaian.
Baca Juga:Desain Terbaru iPhone 17 Air Terungkap, Ini Bocoran SpesifikasinyaRoyal Alloy Grand Turismo 150 2025 Resmi Meluncur, Skutik Retro Modern Dengan Teknologi Screen Mirroring
Walaupun memiliki jarak main 200 mm di depan dan 205 mm di belakang, suspensi ini tidak memiliki fitur pengaturan, yang menjadi salah satu kompromi utama pada model ini.
Bagian mesin juga tetap mempertahankan performa khas KTM.
Jika dibandingkan dengan model Adventure X sebelumnya yang kehilangan banyak fitur elektronik, kali ini KTM tetap menyertakan beberapa fitur penting seperti Off-road ABS, Quick Shifter, dan layar TFT berwarna.
Namun, ada beberapa fitur yang dihilangkan untuk menekan harga, antara lain:
– Cruise Control
– Traction Control
– Cornering ABS
– Tuas rem dan kopling yang dapat disesuaikan
– Ergonomi dan Kenyamanan Berkendara
Salah satu keunggulan motor touring terbaru ini adalah ketinggian jok yang lebih rendah.
Jika model standar memiliki tinggi 855 mm, KTM 390 Adventure X lebih rendah, yakni 825 mm.
Hal ini membuat motor lebih mudah dikendarai, terutama bagi mereka yang tidak terlalu tinggi.