Viman-Dicky Berdialog dengan Anak Muda Seputar Pembangunan Kota Tasikmalaya

viman alfarizi
Pasangan Viman Alfarizi Ramadhan dan Dicky Chandra buat forum diskusi ”Terkoneksi” dengan anak muda dan masyarakat pada Jumat, 18 Oktober 2024. (Ayu Sabrina/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Besarnya proporsi pemilih muda berusia 17 hingga 40 tahun dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 membuat pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Viman Alfarizi Ramadhan dan Dicky Chandra, semakin gencar menarik perhatian generasi muda.

Pasangan nomor urut 4 ini tidak hanya berjanji memperjuangkan aspirasi kaum muda, tetapi juga membuka ruang dialog interaktif bertajuk ”Terkoneksi”.

Melalui dialog langsung dengan anak muda di acara Terkoneksi Part 1 yang digelar di Tauh Backyard, Kecamatan Cibeureum, mereka menyampaikan bahwa pemuda memiliki peran vital dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga:Cuking, Eks Ketua NPCI Jabar Asal Ciamis Ditahan Kejati Akibat Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Rp 122 MiliarMAKLUMAT EYANG!!

Viman menekankan perlunya sinergi antara pendidikan dan ekonomi sebagai solusi jangka panjang untuk mengatasi kemiskinan.

Ia menegaskan bahwa pendidikan memegang peranan penting dalam memperbaiki ekonomi, karena intervensi di bidang ini mampu memberikan dampak besar terhadap penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya, upaya pengentasan kemiskinan harus mengacu pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meliputi tiga aspek: kesehatan, pendidikan, dan standar hidup layak.

Viman juga menggarisbawahi bahwa sekitar 250 ribu penduduk Kota Tasikmalaya merupakan kelompok usia sekolah hingga perguruan tinggi, dari total 757 ribu jiwa.

Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah perlu bekerja keras memperbaiki kualitas pendidikan agar dapat mengentaskan kemiskinan dalam jangka panjang.

Selain itu, ia menekankan pentingnya pemerintah menjadi jembatan antara masyarakat dan program beasiswa, baik yang berasal dari sektor swasta maupun pemerintah pusat.

”Selain itu, pelatihan-pelatihan juga diperlukan,” ujarnya.

Sementara itu, Dicky Chandra memaparkan visi pasangan Viman-Dicky untuk menjadikan Tasikmalaya sebagai kota industri, perdagangan, dan jasa yang religius, inovatif, serta berkelanjutan.

Baca Juga:TPP Pegawai Pemkab Ciamis Sering Telat, Tokoh Pemuda Usul Pemerintah Lakukan Penyesuaian AnggaranIvan Dicksan Sebut Petiga Idaman Pendukung Paling Solid dan Mengakar di Pilkada 2024!

Visi ini didukung oleh lima misi dan 19 program unggulan, di mana empat diantaranya menjadi fokus utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program unggulan pertama adalah Gerakan Emak-Emak Anak Makan Sehat (Gemas), yang berfokus pada peningkatan kesehatan warga.

Program kedua mencakup penguatan ekonomi lokal melalui pelat pembiakan ekonomi di setiap wilayah, guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Program ketiga, Tasik Pintar, bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan mendorong terciptanya lebih banyak lulusan sarjana di kota ini.

0 Komentar