Menua dengan Sehat dan Produktif, Jangan Biarkan Lansia Telantar

seminar
DWP Unsil gelar seminar bahas persiapan masa tua sehat dan produktif, di Aula Pascasarjana Unsil Selasa 13 Agustus 2024. (Ayu Sabrina/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Menjadi lansia adalah keniscayaan yang tak terelakkan, namun menjalani hari tua dengan bahagia adalah pilihan yang bisa dipersiapkan sejak dini. Melalui perencanaan yang matang, para lansia dapat mengurangi beban anak-anaknya tanpa harus merasa tidak dihargai.

Direktur Taman Jingga, Ipa Zumrotul Palihah, menekankan pentingnya persiapan sejak muda untuk mencapai kebahagiaan di masa tua. Ia menyampaikan materi tersebut dalam diskusi bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unsil pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Menurut Ipa, gaya hidup sehat dan literasi keuangan yang baik sejak dini merupakan kunci kebahagiaan di usia lanjut.

Baca Juga:Bau Tidak Sedap dari Alokasi Rp 913 Juta untuk Seragam Linmas di Kota TasikmalayaPAN Warning Semua Kandidat di Pilkada Kota dan Kabupaten Tasikmalaya Siapkan Mental!

“Masa tua adalah masa untuk bahagia, semakin tua seharusnya semakin bahagia. Ini perlu persiapan yang serius. Jangan sampai masa tua identik dengan kondisi lemah, baperan, dan tidak produktif. Dengan ikhtiar yang tepat, masa tua bisa tetap produktif sesuai dengan kemampuan,” ujar Ipa.

Ipa juga mengungkapkan bahwa pembicaraan mengenai persiapan hari tua sering kali diabaikan, padahal sangat penting untuk dibahas sejak muda.

“Tema ini menarik bagi saya karena jarang diangkat, padahal sangat penting untuk diperhatikan,” tambahnya.

Ia menyoroti bahwa banyak anak saat ini yang kesulitan mengurus orang tua mereka bukan karena tidak berbakti, melainkan karena tekanan ekonomi yang semakin berat.

Meski begitu, tanggung jawab anak terhadap orang tua tidak boleh diabaikan, namun orang tua juga perlu mempersiapkan diri agar tetap mandiri di masa tua.

“Persiapan fisik dan mental sangat penting untuk masa tua yang bahagia. Ini harus dimulai dari sekarang, dari pola hidup dan pola pikir kita,” jelas Ipa.

Wakil Ketua Umum 2 DWP Unsil, Hj Sri Rahmayati Gumilar, turut mendukung seminar ini sebagai langkah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapan anggota DWP dalam menabung untuk hari tua. Selain kesehatan fisik, seminar ini juga membahas tentang kesehatan keuangan dengan menghadirkan pembicara dari bank daerah yang memberikan wawasan tentang pengelolaan keuangan di masa tua.

Baca Juga:Ayo Kita Sumbang! Damkar Kota Tasikmalaya Sebar Proposal untuk Acara Perlombaan Memeriahkan HUT RI!70 Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya Akan Dapat Komputer Baru, Ada yang Dapat 1 Hingga 12 Unit!

“Kami sudah merasakan masa muda yang bahagia. Kini, di masa tua, kita harus bisa mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan zaman. Bukan berarti tidak boleh bersenang-senang, tetapi harus tetap menyesuaikan dengan kondisi,” ujar Hj Sri Rahmayati.

0 Komentar