Peluang Poros Koalisi Baru di Pilkada Kota Tasikmalaya 2024!

Pilkada Kota Taaikmalaya
Tiga partai politik berpeluang ciptakan poros baru untuk Pilkada 2024.
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Peta politik menjelang Pilkada Kota Tasikmalaya 27 November 2024 semakin dinamis. Sehingga diprediksi akan ada kejutan baik dalam koalisi maupun pasangan calon.

Salah satunya kini mulai muncul opsi koalisi poros baru yang melibatkan tiga partai yakni PDIP, Demokrat dan PKB.

Seperti diketahui, jika ketiga partai ini disatukan maka jumlah kursinya sangat mumpuni. PDIP dengan 4 kursi, Demokrat 3 kursi dan PKB 5 kursi. Sehingga total gabungan kursi suara menjadi 12 kursi. Alhasil, syarat mendaftarkan pasangan calon ke KPU pun sudah terpenuhi.

Baca Juga:Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan, PamitPemkot Tasikmalaya Bersiap Lelang Jabatan Sekretaris Daerah, Berminat?

Tentu hal ini menjadi sangat menarik, jika tiga parpol tersebut digabungkan dalam jalinan koalisi. Dengan menyatukan kultur nasionalis religius.

Hal ini pun tidak pungkiri oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya H Muslim. Menurutnya, segala kemungkinan bisa saja terjadi, karena kini seakan terjadi stagnasi pergerakan politik.

“Ya wacana itu (PDIP,Demokrat, PKB) bersatu masih sangat memungkinkan terjadi. Sebab sampai kini belum akan koalisi permanen yang memastikan pasangan calonnya,” kata Muslim.

Muslim mengakui dalam sepekan terakhir, PDIP terus berkomunikasi lintas parpol. Mulai dari Gerindra, Demokrat dan rencananya dengam PKB juga PPP. 

“Semoga secepatnya ada kejelasan. Karena kalau bicara Peluang, semua masih dinamis ya. Dengan Gerindra kita masih sepemahaman, Demokrat. Sebab, prediksi kami juga konstelasi bakal ada perubahan serius dari wacana politik yang berkembang belakangan ini,” papar Muslim.

Wakil Ketua DPRD itu menjelaskan PDIP sendiri masih leluasa. Selagi semua figur dan kekuatan politik masih berkembang. Namun, pada akhirnya PDIP bakal melabuhkan keputusan politik dengan figur atau kekuatan yang sejalan, sepaham, juga berpeluang menang.

“Karena semua parpol ingin di posisi menang, jadi kita proses dulu saja jajaki komunikasi semoga pekan depan ada titik terang dan mulai mengerucut,” ungkap Muslim. (K31)

0 Komentar