PPK Cihideung Manfaatkan Pelantikan PKD Untuk Sosialisasikan Tahapan Pilkada Kota Tasikmalaya dan Jawa Barat

Ppk cihideung, tahapan pilkada, pilgub jawa barat
Ketua PPK Cihideung Zaki Nurulhaq menyampaikan materi sosialisasi tahapan Pilgub dan Pilkada 2024 kepada enam orang PKD se-Kecamatan Cihideung di RM Rasa Desa Jalan Terusan BCA, Kota Tasikmalaya, Sabtu (1/6).
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Sosialisasi dan edukasi tahapan pilkada menjadi salah satu tugas penyelenggara pemilu. Hal itu bisa dilaksanakan di berbagai momentum yang bisa dimanfaatkan.

Seperti halnya dilakukan PPK Cihideung yang memanfaatkan pelantikan dan Bimtek PKD di RM Rasa Desa, Sabtu (1/6/2024). Di mana petugas memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan sosialisasi.

Ketua PPK Cihideung Zaki Nurulhaq mengatakan bahwa PKD selaku pengawas di tingkat kelurahan tentunya perlu memahami tahapan-tahapan yanh akan mereka awasi. Sebagai bekal untuk melaksanakan peran dan fungsi mereka. 

Baca Juga:Sempat Terkendala, PPK Cihideung Setorkan Berkas Usulan Sekretariat 6 PPS ke KPU Kota TasikmalayaBegini Hasil Pemetaan TPS dan Jumlah Pemilih Untuk Pilkada 2024 dari PPK Cihideung Kota Tasikmalaya

“Jadi kami sosialisasikan materi berupa aturan dan tahapan Pilgub serta Pilkada yang sudah dilaksanakan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu audah dilaksanakan penandatanganan berita acara pemetaan TPS. Hal itu pun dia sampaikan kepada para PKD yang baru menjalani pelantikan.

Selanjutnya, kata Zaki, akan ada proses pencocokan dan penelitian data pemilih. Proses ini tentunya menjadi salah satu objek pengawasan dari PKD. “Nanti pada proses pencocokan dan penelitian PKD ini juga bakal melakukan pengawasanny,” ucapnya.

Dalam hal ini pihaknya meminta para PPS bisa senantiasa berkoordinasi dengan PKD. Karena dengan begitu, pelaksanaan Pilkada bisa berjalan sebagai mestinya. “Diharapkan juga saling berkoordinasi,” pinta Zaki.

Sosialisasi tersebut bisa terlaksana atas koordinasi PPK Cihideung dengan Panwascam beberapa waktu lalu. Hal ini menjadi bagian dari kolaborasi dan sinergitas sesama penyelenggara Pilkada di Kecamatan Cihideung. 

“Adanya saling koordinasi antara penyelenggara dan pengawas diharapkan mampu menciptakan sinergitas yang sangat baik untuk tercipta suksesnya pilgub dan pilkada ini,” katanya.

Acara di RM Rasa Desa tersebut merupakan pelantikan 6 orang PKD untuk 6 kelurahan yang ada di Cihideung yakni Yudanagara, Nagarawangi, Tugujaya, Tuguraja, Cilembang, dan Argasari.(rga/rls)

0 Komentar