Kick Starter Motor Sport
Apabila tidak ada masalah pada kopling dan mesin dalam keadaan baik, kick starter pada sepeda motor akan berjalan optimal.
Mekanisme penggunaannya serupa dengan sepeda motor bebek, dengan posisi yang sama di sebelah kanan crankcase mesin.
Perbedaannya berada pada sistem perpindahan gigi. Sepeda motor sport umumnya memakai kopling dengan transmisi manual yang mempunyai pola gigi 1-N-2-3-4-5-6.
Baca Juga:Uu Kritik Penjaringan Bacawalkot di PPP Kota Tasikmalaya, Kalau Ada Kader Struktural Kenapa Buka Seleksi?Pilkada 2024, Bos Media, Suhendrik Mencalonkan Diri Jadi Bakal Calon Wali Kota Cirebon dari PDI Perjuangan
Untuk menghidupkan mesin, persneling juga mesti dalam posisi N atau Netral, supaya mesin sepeda motor menyala dengan baik tanpa merusak komponen seperti kopling dan gigi transmisi.
Pastikan tidak menginjak kick starter ke bawah ketika kondisi motor telah hidup atau menyala, lantaran hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada pinion gear di bagian kick starter.
Tetaplah berhati-hati dan teliti ketika memakai kick starter, serta pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera dalam buku manual sepeda motor untuk menjaga kinerjanya selalu optimal.
Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menerangkan, untuk perawatan, segala jenis kick starter sepeda motor relatif mudah.
Perangkat kick starter harus dibersihkan ketika mencuci sepeda motor, dan ketika melaksanakan servis rutin, komponen ini mesti diperiksa oleh mekanik untuk memastikan tidak ada kendala saat digunakan.
”Jika kick starter terasa seret, keras saat diinjak, atau terlalu longgar dan tidak kembali, ada kemungkinan masalah pada komponen di dalamnya,” terang Ade Rohman.
”Jika ada masalah, segera kunjungi bengkel AHASS terdekat untuk servis dan perbaikan. Dengan menjaga dan merawat komponen sepeda motor, Anda dapat memastikan performa sepeda motor tetap prima,” lanjut Ade Rohman. (*)