RADARTASIK.ID – Bagi Anda yang sudah memesan tiket kereta api namun harus membatalkan perjalanan karena alasan tertentu tidak perlu khawatir.
Anda dapat melakukan pengembalian atau refund tiket lewat smartphone yang terhubung ke internet.
Berikut adalah beberapa syarat pembatalan tiket kereta api secara online:
1. Pembatalan perjalanan atas permintaan penumpang dapat dilakukan di loket stasiun yang ditunjuk paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api sesuai yang tertera dalam Boarding Pass. Informasi stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta dapat ditemukan di Daftar Stasiun Pembatalan.
Baca Juga:BKKBN Mendorong Adanya Kolaborasi Masyarakat untuk Menurunkan Angka Stunting5 Smartphone Murah dengan Performa Gaming Optimal
2. Penumpang yang membatalkan harus menunjukkan bukti identitas asli sesuai dengan data yang tertera pada Boarding Pass dan menyertakan salinan atau fotokopi dokumen tersebut.
3. Jika pemohon pembatalan bukan pemilik Kartu Masuk, maka surat kuasa bermaterai dari pemilik Kartu Masuk kepada pihak yang diberi wewenang untuk membatalkan harus dilampirkan.
4. Penerima kuasa harus menunjukkan salinan atau fotokopi bukti identitas pemilik Boarding Pass dan penerima kuasa, serta bukti identitas asli penerima kuasa dan pemilik Boarding Pass.
5. Selain biaya pemesanan, ada biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif kereta api.
6. Dalam situasi di mana lebih dari satu penumpang memiliki kode booking yang sama tetapi Boarding Pass mereka dibatalkan, fotokopi atau salinan bukti identitas dan/atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup untuk satu penumpang.
7. Pemohon harus mengisi dua formulir pembatalan dengan data Boarding Pass, data penumpang, dan keterangan tentang biaya pembatalan.
8. Jika pembayaran dilakukan tunai, pemohon akan mendapatkan formulir pembatalan yang telah divalidasi oleh petugas sebagai bukti pembayaran saat mengambil biaya pembatalan.
Baca Juga:Warning! Acara Politik Tak Boleh Libatkan AnakSerikat Buruh Migas Minta Kenaikan Upah Sampai 16 Persen
9. Biaya dapat dikembalikan setelah 30 hari melalui transfer atau tunai di stasiun yang ditunjuk, yang terdaftar dalam Daftar Stasiun Pembatalan.
10. Penumpang yang membayar tunai setelah hari ke-30 harus menyertakan tembusan formulir pembatalan yang telah divalidasi dan menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai.
Adapun tata cara melakukan pembatalan tiket kereta api melalui KAI Access adalah sebagai berikut: