Sumber Masalah Serbuan Lalat dan Debu Perlu Kepastian, 2 Masalah Mengganggu Warga

Sapol PP Cek Serbuan Lalat dan Debu
Satpol PP Kota Tasikmalaya mengecek pemukiman Gunung Jambe Kelurahan Tugujaya Kecamatan Cihideung yang diserbu lalat dan debu, Selasa (15/8/2023)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Serbuan lalat dan debu di Gunung Jambe Kelurahan Tugujaya Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya perlu dipastikan sumbernya. Pemerintah akan melakukan pengecekan kondisi lingkungan di pemukiman tersebut.

Taruna Merah Putih mengadukan fenomena serbuan lalat dan debu tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Supaya ada pemeriksaan untuk mengetahui akar persoalannya.

Pada kesempatan itu, Plt Sekretaris DLH Feri Arif Maulana menyambut baik pengaduan tersebut. Karena peran aktif di masyarakat membantu pemerintah memantau lingkungan. “Alhamdulillah dengan silaturahmi ini, kami jadi tahu kondisinya,” ungkapnya kepada Radartasik.id, Selasa (15/7/2023).

Baca Juga:Lomba Agustusan 2023 Jangan Lagi Ada Korban di TasikmalayaMenyambut 78 Tahun Kemerdekaan RI, Warga Makan Liwet Bareng Sepanjang 700 Meter di Tasikmalaya

Lebih lanjut, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Penataan Lingkungan Hidup (P3LH) DLH Kota Tasikmalaya Hikmatulloh mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan ke lokasi. Namun perlu penjadwalan dan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintahan setempat. “Insya Allah nanti Jumat kita lakukan pengawasan ke lokasi,” ujarnya.

Rencananya, pemeriksaan akan meliputi pada kondisi air dan udara. Pasalnya pencemaran lingkungan biasanya terjadi di dua objek tersebut. “Nanti kami periksa kondisi air dan kualitas udaranya,” tuturnya.

Kendati demikian proses pemeriksaan menurutnya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya kemampuan laboratorium daerah belum bisa memadai. “Jadi nanti pemeriksaannya kita minta bantu ke lab provinsi,” katanya.

Ketua Taruna Merah Putih Kota Tasikmalaya Kepler Sianturi menuturkan dalam hal ini pemerintah perlu gerak cepat. Pasalnya indikasi pencemaran lingkungan ini menyangkut kesehatan warga. “Kan bukan hanya membuat tidak nyaman, tapi berdampak pada kesehatan juga,” tuturnya.

Selain itu, Satpol PP Kota Tasikmalaya pun mengecek kondisi pemukiman tersebut. Mereka pun bisa meyakini fenomena serbuan lalat dan debu di pemukiman tersebut.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tasikmalaya Junjun Junaedi mengatakan pihaknya untuk sementara sebatas meninjau saja. Supaya bisa melihat kondisi di lapangan sebagaimana informasi dan aduan yang muncul. “Sementara kita mengecek dulu sebagai gambaran,” katanya.

0 Komentar