Asyiknya Munggahan di RM Botram di Sawah di Ciamis

rumah makan botram di sawah
Pengunjung berfoto di Rumah Makan Botram di Sawah di Ciamis. (Iman S Rahman)
0 Komentar

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Rumah makan menjadi alternatif menghabiskan munggahan menjelang bulan suci Ramadan. Seperti yang dilakukan sejumlah warga Ciamis ini pada Minggu (19/3) pagi. Mereka mendatangi Rumah Makan Botram di Sawah bersama keluarga. Letaknya di Jalan Raya Ciheurbeuti Kabupaten Ciamis.

Rumah Makan Botram di Sawah memiliki konsep outdoor dengan pemandangan langsung ke sawah. Pengunjung bisa makan sambil menyaksikan petani mengolah lahan atau bercocok tanam.

“Kalau munggahan di lestoran lebih asik setelah makan bisa mengajak main anak-anak serta foto-foto bersama juga. Pokonya seru lah kalau munggahan di rumah makan, karena  makannya dapet rekreasi alamnya dapat,” ujar Nopianti (32), salah satu pengunjung.

Baca Juga:Mantap! Ratusan Santri Ramaikan Festival Liwet NusantaraKemenhub Siapkan Strategi Menghadapi Mudik Lebaran 2023

Munggahan merupakan aktivitas yang biasa dilakukan umat islam di wilayah Jawa Barat untuk menyambut bulan suci Ramadan. Aktivitas ini memang lebih identik dengan makan-makan. Meski tidak selalu.

“Makanya kalau kerumah makan bisa dobel ya makan dan ada tempat wisatanya yaitu alam terbuka,” ungkap dia.

Farid, karyawan Rumah Makan Botram di Sawah mengungkapkan bahwa rumah makan itu baru buka 3 minggu lalu. Konsepnya memang alam terbuka atau outdoor.

Pengunjung yang datang bersama keluarga akan lebih senang lantaran anak-anak punya spot bermain. Juga ada spot foto selfie yang cukup instagramable.

“Kalau munggahan ini justru ramai sekali pungunjungnya. Bahkan banyak yang booking sampai hari Selasa sudah penuh,” terangnya.

Munggahan berasal dari kata bungah alias senang. Aktivitas yang sudah menjadi bagian dari budaya lokal ini merupakan bentuk sukacita menyambut datangnya bulan Ramadan.

Makanan Biasa Jadi Terasa Berbeda Karena Bersama

Selain makan-makan, ketika menjelang hari pertama Ramadan sebagian warga juga biasanya berbelanja ke pasar untuk keperluan sahur pada malam pertama. Sebab itu aktivitas belanja sehari menjelang Ramadan biasanya sangat padat.

Baca Juga:Kemnaker Keluarkan Aturan Baru Penyesuaian Waktu Kerja dan PengupahanSiapakah 2 Pengedar Sabu yang Ungkap Kasus Narkoba Bapelitbangda?

Rumah makan akan penuh. Terutama tukang bakso dan lainnya. Meski pada hari biasa makanan ini biasa disantap, namun ketika munggahan suasananya terasa menjadi lain.

0 Komentar