Cara Ekspor Produk Lokal ke Luar Negeri

Cara Ekspor Produk ke Luar Negeri
Foto: google
0 Komentar

RADARTASIK.ID – Ekspor produk lokal saat ini menjadi fokus utama dalam mengembangkan ekonomi dan memperluas pasar domestik ke luar negeri.

Di sini ada yang namanya agregator ekspor yang memainkan peran penting dalam membantu perajin dan produsen lokal memasarkan produk mereka secara global.

Agregator ekspor adalah perusahaan yang memfasilitasi pemasaran atau pun ekspor produk lokal ke luar negeri.

Baca Juga:Mengenal Agregator Ekspor dan Perannya dalam Mendukung Pemasaran Produk UMKM Lokal ke Luar NegeriPasar Kerja Luar Negeri Masih Terbuka Lebar, Kerja Lima Kali Seminggu dengan Gaji 25 Dollar / Hari Mau?

Mereka mengumpulkan produk-produk UMKM dan mengirimkannya ke negara tujuan, kemudian mendistribusikannya secara bersamaan.

Penggunaan agregator ekspor produk membawa sejumlah manfaat bagi pelaku UMKM, termasuk memangkas biaya pengiriman dan mengurangi birokrasi yang rumit.

Produk domestik, seperti hasil karya UMKM, dapat lebih mudah dijual ke konsumen asing.

Dikutip dari UKM Indonesia, beberapa contoh agregator ekspor yang dapat dieksplorasi untuk kerjasama contohnya:

1. Out of Asia (OOT)

Mengkhususkan diri dalam produk kerajinan tangan dengan bahan baku ramah lingkungan.

2. Una Brand

Membeli bisnis lokal dan mengubahnya menjadi merek kelas dunia dengan fokus pada produk rumah tangga, ibu dan anak, serta kecantikan.

3. Aspenku

Menyediakan platform marketplace ekspor untuk memasarkan produk lokal ke luar negeri.

Baca Juga:Gunakan Perjalanan Dinas untuk Bantu Kelangsungan Layanan Penerbangan, Mau Sampai Kapan?Sastrawan Tasikmalaya Bode Riswandi Masuk Finalis 10 Besar Piala HB Jassin

Cara kerja Aspenku adalah membuat platform marketplace ekspor yang mirip dengan situs e-commerce populer.

UMKM bisa mendaftar, mengunggah foto produk, dan menyediakan deskripsi. Agregator ekspor akan melakukan promosi melalui berbagai saluran, baik di dalam maupun luar negeri.

Dengan menggunakan agregator ekspor, UMKM dapat lebih mudah memasarkan produk lokal ke pasar internasional, mengurangi biaya, dan memperluas jangkauan global mereka.

Semoga informasi ini memberi inspirasi bagi wirausaha untuk lebih aktif dalam ekspor produk lokal.***

Baca berita dan artikel lainnya di Google News

0 Komentar