Utamanya Mencetak Generasi Salehah, Cerdas dan Mandiri serta Dekat dengan Al-Qur’an

SMA IT Ishlahul Ummah Didik Siswi Berkarakter

KOMPAK. Seluruh civitas akademika SMA Ishlahul Ummah Kota Tasikmalaya dan Pengurus Yayasan Ishlahul Ummah Kota Tasikmalaya.

TASIK – SMA IT Ishlahul Ummah Kota Tasikmalaya berkomitmen membentuk generasi salehah yang mandiri, berakidah salimah, beribadah shalihah, berakhlak mulia, berpikir cerdas dan terampil berbahasa Arab, Inggris serta mencetak generasi Qur’ani.

Kepala SMA IT Ishlahul Ummah Kota Tasikmalaya Nida Noervika Dewi SPd mengatakan sebagai lembaga pendidikan umum berbasis pondok pesantren ingin mengantarkan siswinya unggul dalam prestasi dan cemerlang dalam mencetak generasi Islam.

Targetnya bisa menguasai pendidikan agama Islam dan cerdas dalam ilmu pengetahuan sehingga bisa mandiri dan unggul.

USAI WAWANCARA. Kepala SMA Ishlahul Ummah Kota Tasikmalaya Nida Noervika Dewi SPd

”Sekolah khusus perempuan ini, intinya ingin anak-anak berkembang sesuai visi sekolah yaitu salehah, cerdas, dan mandiri,” katanya kepada Radar, Rabu (7/4/2021).

Ujung-ujungnya, kata Nida, SMA IT Ishlahul Ummah dapat mencetak muslimah yang bermanfaat karena menanamkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Nantinya ilmu yang telah dimiliki mereka sesuaikan bakat dan minatnya. Tetapi harus menguasai program unggulan dari kami yaitu tahfiz Qur’an, menguasai bahasa asing, dan memiliki jiwa kewirausahaan,” ujarnya.

PENGHARGAAN. Kepala SMA Ishlahul Ummah Kota Tasikmalaya Nida Noervika Dewi SPd (kanan) memberikan apresiasi kepada siswi yang selesai hafalan 30 juz, beberapa waktu lalu.

Misalnya untuk program tahfiz Qur’an merupakan tujuan sekolahnya mencetak generasi Qur’ani. Caranya dengan terus mendidik para siswi untuk senantiasa dekat Al-Qur’an.

“Target kelulusan di pesantren adalah minimal 6 juz. Namun kebanyakan siswi kita bisa 30 juz,” ujarnya.
Pihaknya pun mengarahkan siswinya untuk dapat menumbuhkan keterampilan dalam mendalami bakat dan minat, karena sekolah sudah mempersiapkan ekstrakurikuler wajib yaitu muhadarah/pidato, muhadatsah/percakapan, gerakan pramuka.

Sedangkan untuk pilihan sains, jurnalistik, kaligrafi, palang merah remaja (PMR), melukis, taekwondo, renang, bola voli, dan multimedia.

“Hasilnya mengantarkan siswi kita mendapatkan juara 1 lomba tahfiz juz 30 tahun 2019, juara 1 taekwondo Unsil Competition Se-Jawa Barat 2019, juara 3 Taekwondo Parahyangan Championship 2018, dan lainnya,” ujarnya menjelaskan.


SMA IT Ishlahul Ummah juga memiliki sebaran alumni yang melanjutkan menuntut ilmu di perguruan tinggi nasional hingga mancanegara.

Di nasional, para alumni SMA IT Ishlahul Ummah kuliah di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Unsil, Unsoed, Umtas, dan lainnya.

“Sedangkan untuk lulusan di sini juga ada yang berkuliah di luar negeri. Seperti di Al Azhar Kairo-Mesir tiga orang dan International Islamic University Islamabad Pakistan dua orang,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "SMA IT Ishlahul Ummah Didik Siswi Berkarakter"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: