Harga Cabai di Petani Kini Sudah Mulai Stabil

Harga Daging Mulai Naik

HARGA MULAI NAIK. Menjelang Ramadan 2021, harga daging sapi di beberapa pasar di Jabodetabek mulai naik.

JAKARTA – Menjelang Ramadan, harga daging kualitas terbaik melonjak tajam di Pasar Baru, Kota Bekasi. Di situ, harga daging tembus Rp150.000 per kilogram (kg), dari sebelumnya dijual Rp120.000 per kg.

Sedangkan untuk daging sapi ”biasa”, dari Rp100.000 per kg, menjadi Rp130.000 per kg. Otomatis, kenaikan harga tersebut terjadi penurunan omzet para pedagang.

Kenaikan daging juga terjadi di pasar tradisional Sentiong, Kabupaten Tangerang. Selain memberatkan konsumen, pedagang juga mengaku kehilangan omzet hingga 50 persen.

Dampak kenaikan harga daging di pasaran membuat masyarakat mengurangi pembelian, baik untuk dikonsumsi maupun dijual kembali.

Harapan pedagang dan pembeli, pemerintah segera menstabilkan kembali harga daging di sejumlah pasar-pasar tradisional.

Harga Cabai di Petani Sudah Stabil
Sementara itu harga cabai di tingkat petani sudah kembali stabil. Jika sebelumnya sempat menyentuh Rp100.000 per kilogram (kg), kini kembali di angka Rp30.000 per kg.

Diketahui, kenaikan harga cabai beberapa waktu lalu itu karena belum masuknya masa panen di beberapa daerah.

“Alhamdulillah, sekarang cabai sudah normal kembali. Di tingkat petani itu Rp30.000 per kg. Saya tegaskan naiknya harga cabai tempo hari karena belum memasuki masa panen di daerah sentra,’’ ujar Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, Minggu (4/4/2021).

Kestabilan harga cabai, kata dia, tak lepas dari pendampingan dan bimbingan pengembangan kawasan cabai dari Kementan. Sehingga menjaga pasokan dan harga tak memberatkan konsumen. (der/din/fin)

Be the first to comment on "Harga Daging Mulai Naik"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: