Unit Kegiatan Mahasiswa Wujudkan Prestasi

SAMBUTAN. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsil Prof Dr H Budy Rahmat Ir MS melantik pengurus UKM masa bakti 2021 di aula Rektor Unsil Tasikmalaya, Rabu (24/2/2021).

Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya melaksanakan Pelantikan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) masa bakti tahun 2021 di aula Rektor Unsil Tasikmalaya, Rabu (24/2/2021).

Temanya, Paradigma Baru: Kegiatan Kemahasiswaan yang Tertib Waktu dan Tempat untuk Menuju Prestasi yang Terukur.

Sesuai Surat Keputusan Rektor Unsil Tasikmalaya Nomor 11/UN-58/KM/2021 tentang Penetapan Pengurus UKM di Lingkungan Unsil Tasikmalaya 2021. Dengan melantik dari UKM; Petang, Paduan Suara, Futsal, Teater 28, Seni Musik, Marching Band, Pres Mahasiswa, Taekwondo, Karate, Tenis Lapang, Sepak Bola, Pencak Silat, Tinju, Pramuka, Fotografi, Bulu Tangkis, dan lainnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr H Budy Rahmat Ir MS mengatakan, setelah dilantik, para pengurus UKM berkewajiban melaksanakan program kerja, yang sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi dan peraturan Unsil Tasikmalaya, dengan penuh rasa tanggung jawab.

SEMANGAT. Pelantikan pengurus UKM Unsil masa bakti 2021 di aula Rektor Unsil Tasikmalaya, Rabu (24/2/2021).

“Para mahasiswa yang baru dilantik menjadi pengurus UKM, harus memiliki rasa syukur dan memiliki kemampuan dedikasi yang tinggi untuk bekerja secara maksimal,” katanya kepada Radar, Kamis (4/3/2021).

Pengurus UKM, kata dia, harus bisa melaksanakan pengembangan ekstrakurikuler dalam membentuk jiwa kepemimpinan, kerja sama, serta kewirausahaan.

“Mahasiswa mendapatkan laboratorium untuk pengabdiannya dengan berlatih di organisasi. Dengan begitu bisa menjadi lulusan berdaya saing,” ujarnya.

Ia pun berpesan, masa satu tahun kepengurusan ini jangan sampai disia-siakan dan sebagai motivasi lulus tepat waktu.

Hal ini karena pengurus UKM sudah menjadi sosok teladan bagi teman-teman atau adik kelasnya.

“Kalian harus kerja maksimal, maka pandai-pandai mengelola waktu jangan sampai melalaikan kegiatan perkuliahan,” kata dia.

Kemudian, dalam melaksanakan kegiatan harus sesuai digariskan Kemendikbud atau tertera di sistem informasi pembelajaran dan kemahasiswaan.

Sistem ini sudah mengatur mulai dari penalaran, minat dan bakat, dan melanjutkan pendidikan.


“Lalu, di masa pandemi Covid-19 melaksanakan kegiatan-kegiatan harus sesuai dengan aturan berdasarkan surat edaran Kemendikbud, Rektor, dan Satgas Covid-19 sehingga mohon dipatuhi,” ujarnya.

Perwakilan Pelantikan Pengurus UKM, Ketua Umum UKM Bulu Tangkis Unsil Wildan Ramdani menyampaikan sebagai organisasi mahasiswa bidang olahraga, ia penuh melakukan pengabdian, kesadaran, jujur, tertib, semangat, dan bertanggung jawab.

“Tentunya kita terus mengoptimalkan untuk menampung minat dan bakat dari para mahasiswa Unsil yang ingin mahir di bulu tangkis,” katanya.

Pihaknya pun berupaya menjadi wadah pengembangan diri mahasiswa di bidang olahraga yang cukup dikenal Tasikmalaya yaitu bulu tangkis.

Selain itu, juga mendapatkan pembinaan jiwa kepemimpinan, materi manajemen waktu, organisasi, dan kegiatan keakraban.

“Menjadikan mahasiswa yang mengikuti UKM bisa eksis karena prestasi dan juga mempunyai ikatan kekeluargaan kuat,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "Unit Kegiatan Mahasiswa Wujudkan Prestasi"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: