Pendidikan Demokrasi di Sekolah, SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya Gelar Pilpresis 2024

SMAN 1 Ciawi
Siswa-siswi SMAN 1 Ciawi menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden OSIS, Rabu, 9 Oktober 2024. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – SMAN 1 Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, baru saja menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Presiden OSIS (Pilpresis) untuk tahun ajaran 2024-2025.

Kegiatan ini berlangsung di halaman sekolah pada hari Rabu, 9 Oktober 2024.

Pilpresis ini menjadi salah satu momen penting dalam perjalanan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan akan menentukan pemimpin siswa yang akan mengemban tanggung jawab selama satu tahun ke depan.

Dalam pemilihan tersebut, tiga pasangan calon bersaing untuk meraih posisi Presiden dan Wakil Presiden OSIS.

Baca Juga:Bahrain Seharusnya Kalah, Indonesia Dirugikan dengan Tambahan Waktu yang Berlebihan di Kualifikasi Piala DuniaJuventus Kehilangan Gelandang Andalan, Teun Koopmeiners Cedera Parah, Bakal Absen di Laga-Laga Penting

Pemilihnya terdiri dari seluruh peserta didik kelas X, XI, dan XII, serta para guru yang turut memberikan suara mereka.

Sebelum pemungutan suara dimulai, setiap pasangan calon diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi di hadapan seluruh warga sekolah.

Melalui orasi ini, para kandidat memaparkan program kerja yang akan mereka laksanakan apabila terpilih, memberikan gambaran jelas tentang arah kepemimpinan OSIS ke depan.

Pada akhir perhitungan suara, dari total 1.180 pemilih, pasangan Aryan Bima Wilambang sebagai Ketua, Rima Rahmawati sebagai Wakil Ketua 1, dan Gira Wibawa sebagai Wakil Ketua 2 berhasil meraih suara terbanyak dengan total 679 suara, menjadikan mereka sebagai pemenang Pilpresis 2024.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Dra R Nina Ratnawulan MPd, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sarana yang sangat baik dalam memberikan pendidikan demokrasi kepada siswa.

Dia menegaskan bahwa pemilihan dilakukan dengan jujur, adil, dan transparan, tanpa menimbulkan konflik.

Nina juga menekankan bahwa kegiatan ini mengajarkan siswa tentang pentingnya memahami visi dan misi kandidat, serta bagaimana melaksanakan pemilihan umum yang bertanggung jawab.

Baca Juga:Inter dan Juventus Incar Daniel Maldini, Inikah Akhir Dominasi Keluarga Maldini di AC Milan?Lebih dari Sekadar Kompetisi Basket! Honda DBL West Java Series Hadirkan Edukasi Penting untuk Generasi Muda

Nina mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan Pilpresis yang berlangsung dengan tertib dan lancar, serta disambut dengan antusiasme tinggi oleh para siswa.

Ia berharap, presiden dan wakil presiden OSIS terpilih dapat menjalankan tugas mereka dengan baik dan membawa nama harum SMAN 1 Ciawi, tidak hanya di Kabupaten Tasikmalaya, tetapi juga di tingkat nasional.

“Bagi (para calon) yang tidak terpilih, tidak boleh putus harapan untuk memajukan sekolah dengan membantu teman-temannya dalam melaksanakan tugas sebagai pengurus OSIS,” ungkapnya saat diwawancara Radartasik.id.

0 Komentar