PANGANDARAN, RADSIK – Dosen Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Siliwangi menggelar pengabdian bagi masyarakat di Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran, Kamis (20/10/2022).

 

Ketua Tim pengabdian Unsil Hj Noneng Masitoh mengatakan, kegiatan pengabdian tahun 2022 ini dilakukan dengan kerjasama antara dosen Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Siliwangi, dengan 2 mitra dari aparat desa yaitu Plt. Kepala Desa dan Kasi Kesra bersama masing-masing kelompok binaannya di Desa Putrapinggan.

 

Hj Noneng Masitoh mengatakan, wilayah Desa Putrapinggan merupakan wilayah terluas dibanding dengan desa lain yang termasuk dalam Kabupaten Pangandaran. Komoditi utama desa Putrapinngan adalah padi, kelapa, singkong, pisang dan kayu. Salah satu produk andalannya adalah olahan dari bahan dasar pisang yaitu kripik pisang dan sale.

 

“Melalui kegiatan Pengabdian Bagi Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Putrapinggan pada Kamis (20/10/2022) Hj Noneng Masitoh bersama rekan-rekan Dosen Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diversifikasi dan bagaimana strategi diversifikasi produk yang dapat dilakukan untuk makanan yang berbahan dasar dari buah pisang, untuk menambah keberagaman produk yang berasal dari buah pisang yang menjadi komoditi utama Desa Putrapinggan,” jelasnya.

 

Lanjutnya, buah pisang merupakan buah yang kaya manfaat, salah satu manfaatnya adalah membantu atasi hipertensi, memperlancar metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar aliran darah ke otak, dan banyak manfaat lainnya.

 

Produk makanan yang dapat dihasilkan dari buah pisang selain keripik dan sale yang merupakan produk andalan desa Putrapinggan antara lain adalah bolu pisang, nugget pisang dan getuk pisang. “Dengan mengetahui produk diversifikasi dari pisang beserta resep dan juga cara membuatnya, diharapkan masyarakat akan mampu meningkatkan pendapatan dari berbagai produk lain yang dapat dihasilkan dari komoditas utama desa Putrapinggan yaitu buah pisang,” katanya.

 

Selain mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan strategi diversifikasi  produk hasil olahan pisang, Hj Noneng Masitoh dan rekan-rekan dosen Prodi D3 Perbankan keuangan juga memberikan bahan-bahan kepada peserta kegiatan untuk membuat salah satu produk olahan pisang yang disebutkan dalam penyuluhan. Target utama yang diharapkan dari kegiatan Pengabdian Bagi masyarakat ini  adalah adanya keberagaman produk yang dapat dibuat dan dihasilkan masyarakat, sehingga diharapkan dapat menambah pendapatan masyarakat desa Putrapinggan.

 

Metode pendekatan yang dilakukan oleh tim dosen pelaksana Pengabdian bagi masyarakat ini adalah dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan aparat desa dan ketua PKK untuk selanjutnya dilakukan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan strategi diversifikasi produk olahan dengan bahan buah pisang.

 

Pada bulan berikutnya, dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberlanjutan program yang sudah dijalankan, jika masyarakat sudah berhasil membuat salah satu atau semua jenis makanan yang ditawarkan sebagai produk diversifikasi serta berhasil memasarkan, selanjutnya program akan diteruskan secara mandiri oleh masyarakat desa. (rls)

%d blogger menyukai ini: