Kodim 0613/Ciamis Gerakan Warga Menanam Cabai di Pekarangan

BANJAR, RADARTASIK.ID – Kodim 0613/Ciamis melaksanakan penananaman pohon cabai di area pekarangan rumah dan tanah kosong di pemukiman warga. Kegiatan itu berlangsung di Lingkungan Haurmukti RT 06 RW 02 Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja.

Kodim 0613/Ciamis melalui Koramil 1313/Banjar menggandeng Pemerintah Kecamatan Purwaharja serta tokoh masyarakat. Danramil 1313/Banjar Mayor Inf M Junaedi, Camat Purwaharja Rina Purnama Sari, dan tokoh masyarakat H Agus Nugraha serta anggota Polsek Purwaharja memimpin kegiatan itu.

Tak hanya itu, warga di lingkungan Haurmukti juga serentak menanam cabai di area pekarangan rumah serta lahan kosong. Kegiatan itu bagian dari upaya mendukung visi misi Kota Banjar yakni Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Baca Juga: Wanita Muda di Banjar Bawa Sabu 88,99 Gram, Ada yang Masih di Bawah Umur

Penanaman cabai itu menggunakan pupuk organik produksi TNI, AD yakni Bios 44. Dimana pupuk ini memiliki fungsi untuk mempercepat dan meningkatkan hasil panen.

Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi melalui Danramil 1313/Banjar Mayor Inf M Junaedi menuturkan, kegiatan itu merupakan upaya TNI AD mendukung program ketahanan pangan nasional yang dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia.

“Ini sesuai dengan arahan pimpinan agar memanfaatkan setiap jengkal tanah di sekitar kita dengan menanam tanaman produktif. Program kami yakni gerebek rumah tanam pohon cabai, sehingga bisa termanfaatkan pekarangan rumah dan tidak perlu beli lagi ke pasar,” kata M Junaedi, Minggu 5 Maret 2023.

Baca Juga: Ini Pesan Ace Hasan Syadzily untuk DPD Golkar Banjar

Bentuk Sinergitas

Camat Purwaharja Rina Purnama Sari menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas TNI, Polri dan pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

“Ini juga bertujuan untuk mendukung visi misi Kota Banjar yakni menciptakan Kawasan Rumah Pangan Lestari,” ucap Rina.

Rina menambahkan, kegiatan ini akan terus berlanjut dan rutin. “Setiap bulan kita laksanakan secara rutin untuk pemanfaatan masyarakat, sehingga tidak ada satu warga yang khawatir kekurangan bahan makanan karena semua sudah ada (tanaman) di pekarangan rumah,” tuturnya. (cep)