Dosen Unsil Tasikmalaya Ajarkan Pembelajaran Matematika Efektif dengan LMS Moodle

Unsil
Tim PbM-PPIM Dosen Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bersama peserta usai melaksanakan Pengabdian bagi Masyarakat Program Penerapan Iptek Kepada Masyarakat (PbM-PPIM), Sabtu (12/8/2023).
1 Komentar

Materi yang disampaikan dalam pendampingan ini adalah pengenalan, penjelasan dan pelatihan tentang cara membuat dan mengelola bahan ajar untuk konten LMS Moodle, serta cara memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam LMS Moodle untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik.

“Dengan menguasai keterampilan ini, para guru dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik, menarik, dan bermanfaat bagi siswa mereka. Oleh karena itu, guru harus terus mengembangkan diri dan memperluas pengetahuan mereka dalam mengembangkan bahan ajar yang inovatif dan relevan dengan perkembangan kurikulum dan teknologi,” ujarnya.

Mengingat LMS Moodle merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk membantu pengelolaan pembelajaran, termasuk pengelolaan materi pembelajaran, tugas, ujian, serta aktivitas-aktivitas pembelajaran lainnya.

Baca Juga:SMAN 4 Tasikmalaya Peringati HUT RI, Tanamkan Semangat Pantang MenyerahKekuatan Keterhubungan Digital: Preferensi Ketinggalan Dompet vs Handphone dalam Konteks Kelompok Beragam

“Sehingga LMS Moodle dapat diakses oleh guru, siswa, atau administrator karena dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk video, teks, dan gambar, dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan internet,” katanya.

Tim pengabdian pun berharap, setelah guru terbiasa menggunakan LMS Moodle dan setelah melakukan pelatihanpengembangan bahan ajar untuk LMS Moodle bagi MGMP Matematika SMP Kabupaten Tasikmalaya Wilayah Sukaraja, sekolah tersebut diharapkan dapat menjadi contoh terbaik dalam penerapan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini dapat menginspirasi guru-guru matematika di daerah lain untuk mengadopsi teknologi serupa dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah mereka.

“Hasil yang diharapkan dengan penerapan LMS Moodle berbasis web adalah adanya efisiensi dan produktivitas di dalam manajemen pendidikan terutama antara sekolah, guru dan murid demi menunjang proses Pendidikan.  Sedangkan produk yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah bahan ajar konten LMS Moodle yang terstruktur dan terorganisir dengan baik dalam format digital, sehingga memudahkan siswa dalam mengakses dan mempelajarinya,” ujarnya. (riz)

1 Komentar