Sembuh, Ratusan Santri Dipulangkan

DIPULANGKAN. Santri yang sebelumnya menjalani isolasi di Hotel Crown dan tempat isolasi lainnya dinyatakan sembuh. Mereka dipulangkan dari tempat isolasi tersentarlistik, Selasa (23/2/2021).

TASIK – Ratusan santri yang menjalani isolasi karena terkonfirmasi positif Covid-19 dipulangkan dari lokasi isolasi, diantaranya Hotel Crown, RSUD dr Soekardjo, RS Dewi Sartika dan lokasi pondok pesantren di Kota Tasikmalaya, Selasa (23/2/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Asep Hendra Hendriana mengatakan, total santri yang dipulangkan dari ruang-ruang isolasi sentralistik sebanyak 125 orang.

”Senin kemarin merupakan hari ke-14 dari mulai di swabnya pasien klaster pontren Cipedes (8/2/21) sebagai masa awal,” kata dr Asep Hendra saat pemulangan pasien isolasi yang sembuh di Hotel Crown, Selasa (23/2/2021).

Santri yang dipulangkan itu, sebelumnya telah melalui screening menyeluruh baik di Hotel Crown dan RS Dewi Sartika.

“Di Crown sekitar 90 santri sudah tak bergejala dan dipulangkan. Di Dewi Sartika dari 55 santri yang diisolasi, 35 santri sudah tak bergejala dan dipulangkan,” kata dia menjelaskan.

Menurut dia, untuk santri yang masih bergejala, telah berkomunikasi dengan pihak pesantren dan orang tua santri, tetap dititipkan di isolasi sentralistik hingga tak bergejala.

“Gejala yang masih ada adalah mengeluhkan pusing, batuk pilek, dan anesmia. Memang jumlahnya sudah berkurang dari yang awal 389 pasien,” ujar Asep, menjelaskan.

Sedangkan, untuk yang bergejala pencernaan diare, sudah dirujuk ke RSUD dr Soekardjo. “Kondisinya tak kritis, tapi mereka yang bermasalah pencernaan itu keseimbangan cairannya berkurang.

Jadi ada buang air yang lebih daripada normalnya,” kata dia. “Alhamdulillah pasien yang dirawat dari guru dan lainnya tak ada penyakit penyerta. Mudah-mudahan semua cepat pulih,” kata dia, berharap. (ujg)

Be the first to comment on "Sembuh, Ratusan Santri Dipulangkan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: