Tak Pakai Masker, Wisatawan Disanksi

MENGINGATKAN. Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran mengingatkan wisatawan dan masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di kawasan objek wisata Pantai Barat Pangandaran, Sabtu (26/12/2020).

PANGANDARAN – Sejumlah warga dan wisatawan yang melintas di kawasan objek wisata Pantai Barat Pangandaran men­dapat sanksi push-up dari Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran yang melakukan Operasi Yustisi, Sabtu (26/12/2020). Mereka diberi hukuman karena tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadi SH MM mengatakan, saat melakukan Operasi Yustisi, beberapa wisatawan yang melintas di wilayahnya itu kedapatan tidak memakai masker.

Dengan demikian, petugas harus bertindak dengan memberikan hukuman push-up kepada para pelanggar.

Menurut dia, Operasi Yustisi yang dilaksanakan petugas gabungan dari Polsek Pangandaran, Koramil 1320/Pangandaran, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran itu untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan prokes. “Guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Kompol Suyadi.

Dengan sanksi itu, Kompol Suyadi berharap masyarakat sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi yang masih terus mewabah ini.

“Tindakan dengan teguran dan push-up guna mendisiplinkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker setiap saat,” ucapnya.

Dari catatan Operasi Yustisi itu, petugas gabungan menindak 40 pelanggar prokes. Sebanyak 18 orang di antaranya menerima sanksi fisik berupa push-up karena tidak membawa dan menggunakan masker dengan benar.

Sementara itu, arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun 2020, baik di luar maupun di dalam kawasan Pantai Pangandaran relatif lancar.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo SIK mengungkapkan, pemantauan arus lalu lintas akan terus dilakukan selama pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2020.

Operasi ini dilakukan agar bisa dengan cepat melakukan rekayasa arus lalu lintas ketika terjadi kepadatan kendaraan yang hendak menuju Pantai Pangandaran.

“Jalur menuju objek wisata Pantai Pangandaran, arus lalu lintas lancar, dan jalur keluar dari lokasi objek wisata pantai Pangandaran terpantau sepi.

Area rekreasi Pantai Pangandaran khususnya di pantai Barat dan Timur sepi pengunjung,” tutur dia saat memantau personel Satlantas Polres Ciamis yang bertugas di kawasan Bundaran Ikan Marlin Objek Wisata Pantai Pangandaran, Jumat (25/12/2020).

AKP Zanuar berpesan kepada warga maupun pengunjung untuk selalu mengedepankan prokes agar tidak memunculkan klaster penyebaran Covid-19.

Apalagi hingga saat ini Indonesia masih dalam situasi pandemi virus corona sehingga sangat dibutuhkan kedisiplinan dalam menerapkan prokes.

“Mari sama-sama menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2021 ini dengan tetap terus memedomani protokol kesehatan.

Ingat selalu 3M: memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta tidak berkerumun. Itu semua guna membantu pemerintah dalam upaya bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” tutur dia. (isr)

Be the first to comment on "Tak Pakai Masker, Wisatawan Disanksi"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: