Dia menambahkan, tugas guru selain memberikan pendidikan juga memiliki beberapa peran dalam membangun potensi anak di antaranya yaitu memiliki peran sebagai motivator dan fasilitator bagi anak.
Kemudian memberikan bimbingan, pemeliharaan, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, mengatur dan menangani tekanan atau permasalahan yang dihadapi oleh anak.
“Kemudian memiliki peran dalam melaksanakan pendampingan dan pengasuhan serta berinteraksi verbal maupun nonverbal bersama anak usia dini, terakhir peran guru yaitu bisa menjadi teman bermain dan belajar bagi anak,” tambah dia.
Baca Juga:Unper Tasikmalaya Cetak Bibit Atlet Voli ProfesionalSDN Dadaha Tasikmalaya Santuni Anak Yatim Piatu, Ajarkan Siswa Peduli Sesama
Sekretaris Prodi PIAUD UNIK Cipasung Devita Savitri MPd menambahkan, selagi masih menjadi mahasiswa harus mampu mengenali potensi yang dimiliki oleh diri sendiri sehingga kita bisa merencanakan karier mau seperti apa ke depannya.
Kegiatan ini menarik karena mahasiswa d tantang untuk menunjukkan bakat di depan umum atau audience, ada yang menunjukan bakat main drama, gerak dan lagu, main musik, tata boga, menjahit, penari dan lain sebagainya.
Materi yang disampaikan kepada mahasiswa, ungkap dia, untuk membangun keakraban mahasiswa PIAUD UNIK Cipasung. Ada sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia (multiple Intelegent) diantaranya yaitu kecerdasan logika matematika, linguistic, interpersonal, intrapersonal, musical, visual spasial, tubuh kinestetik dan naturalis. (dik)