Dr Aqua Dwipayana Sebut Komunikasi Jadi Pilar dalam Pelayanan di Bidang Jasa Perhotelan dan Bisnis Perjalanan

Perhotelan
Dr Aqua Dwipayana (kanan) bersama General Hotel Santika Bengkulu Denny Wiryadhana. (Istimewa)
0 Komentar

BENGKULU, RADARTASIK.ID – Komunikasi memainkan peran yang sangat penting dalam pelayanan di bidang bisnis hospitality (perhotelan dan perjalanan) pasalnya sebagian besar pelayanan dalam industri ini melibatkan interaksi manusia.

Hal tersebut diungkapkan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan tema “The Power of Communication and Team Building” di Hotel Santika Bengkulu, Kamis 14 pagi September 2023.

Menurut doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu, komunikasi yang baik dimulai sejak tamu pertama kali menghubungi atau tiba di properti.

Baca Juga:10 Metode Ampuh untuk Menghilangkan Bekas JerawatInilah Doa Menghilangkan Jerawat, Pahami Seberapa Penting Wajah Bebas dari Jerawat

Dia menyatakan reservasi yang jelas, ramah, dan efisien merupakan kunci untuk memberikan kesan positif pada tamu sejak awal.

Petugas resepsionis mesti mampu menjawab pertanyaan, menyampaikan informasi soal fasilitas, dan memberikan salam hangat kepada tamu.

“Selama tinggalnya di properti, tamu mungkin memiliki kebutuhan atau permintaan khusus,” ujar Dr Aqua Dwipayana dalam rilis yang diterima Radartasik.id.

Menurut dia, staf harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk memahami dan memenuhi kebutuhan tersebut.

”Komunikasi yang efektif juga membantu mengatasi masalah atau keluhan tamu dengan cepat dan efisien,” kata pria yang hobi silaturahim tersebut.

Dia menyatakan perhotelan seringkali memiliki banyak layanan dan fasilitas yang harus dijelaskan kepada tamu. Informasi soal jam operasional restoran, fasilitas kebugaran, layanan kamar, dan lain-lain mesti disampaikan secara jelas dan tepat waktu.

Bisnis hospitality, kata dia, seringkali harus berkomunikasi dengan pasar lewat berbagai saluran seperti situs web, media sosial, dan iklan. Pesan promosi dan iklan mesti dirancang dengan baik dan mudah dimengerti oleh para calon tamu.

Baca Juga:Jerawat: Penyebab, Pencegahan, dan PengobatanDivonis Langgar Aturan Privasi Data, TikTok Didenda Sebesar 368 Juta Dolar

“Oleh karena itu, karyawan dalam industri hospitality harus terampil dalam berkomunikasi baik dengan tamu dan sesama karyawan,” kata Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini.

0 Komentar