Soal Tiang di Atas Trotoar, DPURP Ciamis Juga Ngaku Terima Banyak Keluhan

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis mengakui sejumlah trotoar dalam kondisi kurang baik. Khususnya di wilayah perkotaan.

DPUPRP telah menerima banyak aduan dari masyarakat soal banyaknya tiang yang menutupi dan mengganggu aktivitas masyarakat ketika berjalan di trotoar.

“Oleh karenanya kita berencana akan melakukan penertiban tiang-tiang yang mengganggu pejalan kaki. Karena banyak pemohon mengadu kepada kita, tentang trotoar terpasang tiang,” kata Kepala DPUPRP Kabupaten Ciamis Andang Firman kepada Radar, Senin (22/1/2024).

Dalam langkah penertiban tiang tersebut, ia pun sedang berkoordinasi dengan pihak penyedia layanan. Terutama telekomunikasi.

Baca juga: Simulasi Pemilu 2024 Masih Digodok, KPU Ciamis Belum Tentukan Waktu dan Tempat

Apakah masih akan ditempatkan di atas namun sedikit digeser agar tidak mengganggu pejalan kaki atau dipindahkan ke  bawah tanah dengan cara ditanam.

“Intinya tiang-tiang ditertibkan, tetapi silahkan tergantung penyedia apakah ke bawah atau tetap diatas dengan tidak menghalangi pejalan kaki,” terang dia.

Sedangkan, lanjut ia, tidak hanya tiang saja, melainkan pohon-pohon yang sekira mengganggu pejalan kaki di trotoar akan ditertibkan juga.

Sehingga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

Baca juga: Trotoar di Kabupaten Ciamis Perlu Penataan Ulang, Ada Hak Pejalan Kaki yang Harus Dipenuhi

“Pohon-pohon juga yang mengganggu trotoar langkah terbaik seperti apa, kita perlu koordinasi dengan LH nanti,”katanya.

Sedangkan dalam perbaikan trotoar di perkotaan pun, pihaknya sedang membuat master plan terlebih dahulu. Ia pun belum memastikan apakah bentuknya sama atau ada perubahan.

“Kita sedang desain terlebih dahulu, bagaimana trotoar perkotaan. Semua itu, pastinya trotoar untuk mengutamakan pejalan kaki agar bisa menggunakan dengan nyaman dan aman,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, trotoar di sekitar lampu merah Taman Lokasana tak bisa dilalui saking banyaknya tiang yang tertancap.

Baca juga: Pejalan Kaki Terpinggirkan, Trotoar di Sekitar Taman Lokasana Ciamis Ini Disesaki Tiang

Pejalan kaki terpaksa harus menyusuri bahu jalan agar bisa melintas. Hal ini sangat rawan sebab pejalan kaki bisa saja terserempet kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *