Raih Adipura 9X, TPS Liar di Kabupaten Ciamis Bermunculan

CIAMIS, RADARTASIK.ID –Kabupaten Ciamis telah meraih penghargaan Adipura ke-9 pada awal tahun 2023. Namun itu rupanya  serta merta membuat wilayah ini bersih total dari sampah.

Sejumlah tempat pembuangan sampah liar terlihat di beberapa titik. Termasuk di samping jalan nasional III Ciamis. Tampak sampah menumpuk di samping jembatan Cikoneng dan trotoar Sindangrasa.

Padahal Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis sudah memasang imbauan menggunakan banner bertuliskan “dilarang membuang sampah” di sana.

Penggiat Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis Gingin Jamiul Mubtadin SPdI mengatakan tingkat kebersihan di Kabupaten Ciamis sebetulnya sudah terbilang bagus dibanding kota/kabupaten lain di Priangan Timur. Hanya saja, masih ada warga yang ‘nakal’ dengan membuang sampah ke sembarang tempat.

Baca juga: Soal BLT El Nino, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Kebingungan

“Sekolah, perkantoran, masyarakat sudah sangat terlihat bagus dalam pengelolaan sampahnya. Kan ada yang bilang misalnya jalan Bandung ke Ciamis yang terbersih adalah Ciamis. Kalau pun ada oknum saja (membuang sampah sembarang, red) atau bisa jadi juga di luar masyarakat Ciamis,” ujar pria yang juga Ketua Dewan Pengurus Wilayah Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kabupaten Ciamis ini, Jumat (24/11/2023).

Sebagai pegiat Adiwiyata, kata dia, ketika melihat kondisi sampah liar pihaknya akan mengajak sekolah yang sudah mendapat penghargaan Adiwiyata untuk membantu menjaga kebersihan  lingkungan sekitar.

“Kalau lingkungan sekolah Adiwiyata, sudah tertata dengan baik pengelolaan sampah. Setelah itu juga bisa membantu lingkungan sekitar ketika ada kotor diminta dibersihkan dan menjaganya,” ujarnya.

Baca juga: Perilaku Seks Menyimpang Laki-Laki Jadi Faktor Penularan HIV/AIDS Tertinggi di Kabupaten Ciamis Selama 2 Tahun Terakhir

Ia pun menyebut jika persoalan TPS liar secara lebih luas menjadi kewenangan dari DPRKPLH Kabupaten Ciamis.

Namun menurutnya komitmen DPRKPLH Kabupaten Ciamis dalam program penanganan sampah juga sudah luar biasa.

“Kalau ada sampah liar lebih luas bisa ditangani oleh DPRKPLH Kabupaten Ciami,” katanya. (Fatkhur Rizqi)

Baca berita dan artikel lainnya di google news

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *