PPK Harus Netral dan Berintegritas

CIHIDEUNG, RADSIK – Memasuki tahun politik, serangkaian kegiatan menjelang Pemilu serentak tahun 2024 mulai berjalan. Salah satunya pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tiap wilayah.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul Muttaqien menuturkan pihaknya bakal bertugas secara optimal mulai saat ini. Menyongsong pertarungan politik berbagai tingkatan tahun depan. Mulai dari Pileg, Pilpres hingga Pikada.

“Kami berharap kepada rekan-rekan yang baru saja dilantik untuk bisa bersinergi dengan unsur muspika. Baik itu di lingkungan kecamatan termasuk juga nanti kami juga akan ke Bapak Kapolres, Bapak Dandim untuk nanti bisa men-support, sehingga PPK kami bisa melaksanakan tugasnya itu dengan tenang,” tuturnya disela pelantikan dan Bimbingan teknis PPK di Hotel Grand Metro, Rabu (4/1/2023).

[membersonly display=”Baca selengkapnya, khusus pelanggan Epaper silakan klik” linkto=”https://radartasik.id/in” linktext=”Login”]

Selain berkoordinasi dengan kecamatan wilayah masing-masing, dia juga meminta petugas PPK menjaga koordinasi dan bersinergi dengan muspika setempat. Seperti Polsek dan Koramil agar semua tugas dapat berjalan dengan baik dan aman. “Karena PPK tidak mungkin bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab nya tanpa ada dukungan yang maksimal dari seluruh jajaran yang ada di wilayah Kecamatan,” katanya.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Tasikmalaya Riza Setiawan memaparkan badan Ad Hoc seperti PPK merupakan garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan publik. Perannya strategis dalam menyukseskan Pemilu serentak mendatang.

“Kami dukung kondusivitas dan berkualitasnya hasil Pemilu terhadap 50 PPK yang dilantik saat ini. Saya berpesan kepada para anggota PPK agar tetap jaga integritas dan netralitas dalam melaksanakan tugas,” papar Riza.

Dia menambahkan suksesnya Pemilu yang akan dilaksanakan pada bulan Februari dan November 2024, tidak semata tanggung jawab dari penyelenggara Pemilu atau Pilkada itu sendiri. Namun menjadi tanggung jawab bersama. Termasuk peserta Pemilu dan masyarakat. “Kami pemerintah daerah siap mensupport dan fasilitasi pelaksanaan pemilu mendatang, khususnya pilgub dan pilwalkot,” ungkapnya. (igi)

[/membersonly]

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!